Kementerian Lingkungan Hidup

Republik Indonesia

PENUTUPAN PEKAN LINGKUNGAN INDONESIA 2014
“Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”

Jakarta, 1 Juni 2014. Hari ini Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2014 ditutup secara resmi oleh Plt. Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup, M.R. Karliansyah di Jakarta Convention Center, Hall B. Pameran Lingkungan Hidup terbesar yang rutin diselenggarakan setiap tahun diselenggarkan ini merupakan PLI yang ke-18. PLI yang diselenggarakan tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 2014 merupakan salah satu rangkaian dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tema utama PLI 2014 yaitu “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” mengikuti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, World Environment Day 2014, yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup PBB, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Raise Your Voice, Not the Sea Level”. PLI 201 ini merupakan ajang kampanye lingkungan untuk mempengaruhi perilaku masyarakat untuk Kegiatan ini diikuti oleh Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, Badan dan Organisasi Lingkungan Hidup serta Pemerhati Lingkungan. Selain pameran juga akan diisi dengan berbagai kegiatan seminar, workshop, dan lomba.

PLI ke-18 tahun 2014 ini diikuti oleh 312 peserta pameran yang berasal dari :

  1. Instansi Pemerintah Pusat (Kementerian) = 15 peserta
  2. Pemerintah Daerah (BLH Provinsi) = 13 peserta
  3. Badan Lingkungan Hidup tingkat Kota = 38 peserta
  4. Badan Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten = 100 peserta
  5. Dunia Usaha = 123 peserta
  6. LSM/Asosiasi/lembaga terkait = 21 peserta
  7. Media = 2 peserta

Sementara total jumlah pengunjung untuk tahun ini lebih kurang 92.712 orang. Dari jumlah tersebut ada peningkatan jumlah pengunjung sekitar 12,5% dari tahun sebelumnya (tahun 2013). Diantara pengunjung tercatat sekitar 600 siswa dari 30 Sekolah di Jakarta secara bergilir mengunjungi PLI 2014. Dari sisi luasan area PLI 2014 total 4500 meter persegi, tahun 2013 total luas lahan 3500 meter persegi.

Bahwa menjaga lingkungan agar tetap lestari dan berkesinambungan adalah merupakan tanggung jawab tiga (3) pihak yaitu : masyarakat, pemerintah dan dunia usaha”.  Dalam PLI ke 18 ini dapat dibuktikan betapa harmonisnya kerjasama ketiga pihak tersebut di atas dalam menjaga kelestarian fungsi lingkungan pada umumnya dan kelestarian ekosistem pesisir pada khususnya. Masyarakat yang terlibat pun berasal dari berbagai kalangan mulai anak-anak usia dini (lomba mewarnai), remaja (green music festival), kaum akademisi (seminar nasional) dan masih banyak lainnya.

Beberapa kegiatan pendukung ikut meramaikan kegiatan PLI kali ini diantaranya :

  1. Lomba Mewarnai dan Menggambar untuk anak-anak TK (150 peserta) dan SD (150 peserta) dengan tema yang diangkat adalah :”Sayangi Pantaiku, Lindungi Biota Lautku”.
  2. Lomba Insinyur Cilik, diikuti oleh 231 peserta dengan tema lomba “Berkarya untuk Nelayan”, anak-anak peserta lomba ini begitu antusias membuat konstruksi-konstruksi design pengelolaan ekosistem pesisir pantai. (diantaranya : alat pengering ikan tenaga surya, obat anti serangga berbahan baku tanaman bakau, kapal pembersih tumpahan minyak di laut, kapal penangkap ikan menggunakan energi alternatif plastik).
  3. Lomba Eco Driving Rally, begitu banyaknya masyarakat yang ingin mendaftar untuk ikut berpartisipasi namun karena terbatasnya tempat maka peserta workshop hanya dibatasi sampai 150 peserta. Sementara itu peserta Eco Driving Rally berjumlah 37 mobil dengan rute start di Senayan dan finish di Kantor KLH. Hasil yang menakjubkan dari kegiatan Eco Driving Rally ini adalah dengan sikap berkendaraan yang ramah lingkungan maka kita dapat menghemat 10% – 20% dari konsumsi bahan bakar. Jika hal ini kita lakukan secara massal, maka berapa barel bahan bakar bisa kita hemat, kemudian berapa persen pelepasan karbondioksida (CO2) ke udara yang bisa kita kurangi. Dari kegiatan Eco Driving Rally 2014, peserta rally yang sudah mengikuti workshop dapat mencapai penghematan terbaik sebanyak 29,20 km/liter bensin dan 28,1 km/liter solar.
  4. Green Musik Festival yang diikuti oleh 20 grup musik. Menyanyikan dua lagu yang bertemakan lingkungan baik ciptaan sendiri atau menyanyikan ciptaan orang lain.
  5. Pameran Foto Lingkungan yang menampilkan 12 buah foto-foto mengenai pesisir dan laut.
  6. Funwalk yang diikuti oleh sekitar 500 peserta pada hari Minggu pagi dengan rute start Lobby Hall B JCC – Parkir Timur Senayan – Jembatan Semanggi – Ratu Plaza – Finish di Lobby hall B JCC.

Pada penutupan Pekan Lingkungan Indonesia tahun 2014 ini diumumkan Pemenang stand terbaik yaitu :

  1. Kategori Pemerintahan :
    Juara 1 : Provinsi Kalimantan Timur,
    Juara 2 : Kementerian Pertanian,
    Juara 3 : Kementerian Lingkungan Hidup.
  2. Kategori Perusahaan :
    Juara 1 : PT Baramulti Group
    Juara 2 : PT Aneka Tambang
    Juara 3 : PT Vale Indonesia
  3. Juara Favourite  Stand PLI 2014 diraih oleh stand PT Chevron Geothermal & Power

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Ir. Ilyas Asaad, MP, MH,
Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan
dan Pemberdayaan Masyarakat,
Kementerian Lingkungan Hidup,
Tlp/Fax: 021-8580087