KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kupang, 17 Desember 2005. Bertempat di Bandara Eltari Kupang dilaksanakan serangkaian kegiatan meliputi Dialog Interaktif Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, penyampaian deklarasi dari perutusan kader lingkungan, pengukuhan kader lingkungan, kemah lingkungan, penanaman pohon, dan pelatihan penguatan kapasitas kader. Dialog interaktif diikuti 150 kader lingkungan dan 200 orang undangan lainnya. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekredaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur mewakili Gubernur NTT, Bupati Kupang, Walikota Kupang, Deputi VI KLH, dan unsur Muspida.

Sebanyak 150 kader lingkungan yag dikukuhkan mewakili komunitas adat, petani, nelayan pekerja, pelajar, mahasiswa, pramuka, KSM/LSM, pengusaha, wartawan, dan tokoh agama. Rangkaian kegiatan ini berlangsung satu minggu sejak tanggal 15 s/d 20 Desember 2005 bertempat di bandara Eltari Kupang. Penempatan lokasi di bandara didasarkan kondisi lingkungan bandara yang tandus dan langka pohon. Sebagai pintu gerbang yang berada di Kota Kupang, lokasi ini akan dihijaukan dengan pepohonan. Saat ini dilaksanakan penanaman 1.500 pohon pada lahan seluas 12 ha. Jenis pohon yang ditanaman: beringin (500 pohon), bougenvile (500 pohon), nimba (1000 pohon), angsana ( (1000 pohon), cendana (1000 pohon), asam (1000 pohon), mahoni (1000 pohon), sengon (1000 pohon), dan lontar (1000 pohon).
Dalam rangka penguatan kapasitas kader lingkungan, dilaksanakan pelatihan lingkungan yang berlangsung 5 hari berlokasi di kemah dengan materi latihan sbegaia berikut: Pengolahan sampah; Fungsi dan Manfaat Hutan; Pelaksanaan Gerakan Penghijauan Berbasis Masyarakat (GPBM); Manfaat Hutan Kota, Partisipasi Generasi Muda dalam Pelestarian Lingkungan; Pembentukan Pramuka Kwarda NTT sebagai Kader Muda Lingkungan.

Perlindungan sumber mata air, masalah penebangan liar, dan upaya penertiban kegiatan ternak yang selama ini berkeliaran, merupakan isu yang berkembang saat dialog. Seluruh peserta mependapat perlunya penegakan hukum terhadap pelaku penebangan liar dan perternak dengan pola berkeliaran.***

Informasi Lebih Lanjut Hubungi:
Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan , Deputi VI
Ged. B Lantai 5 Kementerian LIngkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur 13410
Telp (021) 8520392; Faks. (021) 8580087
E-mail: kalpataru@yahoo.com