KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

susi2.JPGBekasi, 13 Agustus 2006. Upaya kelompok GPL-Gerakan Peduli Lingkungan Pondok Pekayon Indah, Bekasi – dalam meningkatkan kesadaran warga dalam mengelola lingkungan hidup rasanya tidak mengenal kata selesai.  Bukan saja karena masih banyak warga yang harus terus diajak dan disadarkan untuk mengelola lingkungan, namun juga karena disadari bahwa selalu diperlukan berbagai kegiatan untuk  menjaga motivasi warga yang telah peduli lingkungan.

Selain berbagai lomba khas 17 Agustus-an, GPL berinisaitif untuk menyelanggarakan lomba K3 atau lomba untuk Kebersihan, Keindahan dan Keserasian antar Blok perumahan di Pondok Pekayon Indah. Tercatat 24 blok  sebagai peserta lomba di perumahan yang terdiri dari 4 RW tersebut. Lomba dibagi menjadi 2 (dua) kategori : kategori A untuk RW 11 yang telah lebih dulu melakukan kegiatan peduli lingkungan  dan kategori B untuk  RW 8,9,10 yang belum lama melakukan kegiatan tersebut.

Adapun kriteria penilaian adalah bersih dari sampah, bersih dari rumput liar, kebersihan got yang terawat, penataan pot/tanaman di sepanjang jalan, hijau dan asri serta keserasian hiasan sesuai dengan suasana kemerdekaan.

Bermulai dari kelompok pengajian ibu-ibu, kemudian kegiatan ini berkembang menjadi kegiatan mengelola lingkungan hidup di permukiman masing-masing. Kegiatan ini membawa GPL menjadi juara I Lomba Kreasi Daur Ulang  yang diselenggarakan Kementerian Negara Lingkungan Hidup pada tahun 2003. Berbagai aktivitas telah dilakukan warga Pondok Pekayon Indah dalam upaya mengelola lingkungan hidup antara lain menutup TPS liar, membuat pengomposan untuk skala kawasan, merubah got menjadi sumur resapan, membuat kebun pembibitan, membuat berbagai slogan/himbauan tentang lingkungan membentuk GPL Kids dan lain-lain. 

susi3.JPGSebagai dewan juri adalah wakil warga, Bapedalda Bekasi, dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Pada akhir kegiatan telah ditetapkan 3 pemenang dari kategori A dan 3 pemenang dari kategori B. Pengumuman dan pembagian hadiah akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus yang akan datang. Hadiah yang akan diterima belum diketahui sampai saat ini, tapi yang jelas warga akan memperoleh lingkungan yang bersih, sehat dan asri.

Jika semua warga Bekasi mau melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan di sekitarnya, maka rasanya bukan tidak mungkin predikat Bekasi sebagi Kota Terkotor akan segera ditanggalkan.  (srs) 

Informasi lebih lanjut:
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Gedung B lantai 5
T/F : 021 85911211
srs@menlh.go.id