KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

SAVE OUR LIFE, SAVE OUR PLANET
Selamatkan Hidup Kita, Selamatkan Bumi Kita

Jakarta, October 01th – 06th, 2010
Bali (Optional), October 07th-09th, 2010

Jakarta, 16 September 2010. Setelah sukses menjadi tuan rumah South East Asia Vegetarian Congress di Batam pada tahun 2009 dan Asian Vegetarian Congress di Medan pada tahun 2010 lalu, IVS (Indonesia Vegetarian Society) kembali berhasil menang dengan suara mutlak mengalahkan  Amerika Serikat dan negara Eropa lainnya, dan akhirnya terpilih menjadi tuan rumah dan penyelenggara (host & organiser) acara bergengsi dan bertaraf Internasional, “39th IVU World Vegetarian Congress” (Kongres Vegetarian se-Dunia yang ke-39), yang akan diselengarakan di Jakarta, 1-6 Oktober 2010. Dilanjutkan di pulau Bali pada tanggal 7-9 Oktober 2010.

39th IVU World Vegetarian Congress ini akan diikuti oleh tamu dari berbagai negara dan peserta dari seluruh  propinsi di Indonesia, peserta pameran dari restoran makanan Vegetarian, pabrik bahan makanan vegetarian, supplier bahan makanan non-hewani & food supplement bahan alami, dan lain-lain. Acara ini diharapkan akan menarik sekitar 8.000 pengunjung dari manca negara dan seluruh Indonesia yang terdiri dari profesional, akademisi, pengusaha, pengamat, jurnalis, mahasiswa dan siswa.

Kongres vegetarian dunia yang diadakan setiap dua tahun sekali ini terdiri dari seminar dan pameran vegetarian. Hal ini beranjak dari sejarah pola makan vegetarian yang merupakan suatu budaya manusia yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Kini pola makan vegetarian mencapai momentumnya di tengah krisis masalah kesehatan dan lingkungan hidup, karena ternyata pola  makan vegetarian (nabati) mampu menurunkan resiko berbagai penyakit degeneratif/kronis seperti penyakit jantung koroner, stroke, kanker, hipertensi, diabetes, obesitas, osteoporosis, dan lain sebagainya, disamping pola makan vegetarian juga ternyata sangat ramah lingkungan sehingga dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global dan kekurangan makanan dunia.

Adapun Pembicara yang akan mengisi The 39th IVU World Vegetarian Congress ini adalah Menteri kesehatan RI, Menteri Lingkungan Hidup RI, Badan POM RI, Ketua Internasional Council IVU, Sejarahwan Vegetarian Dunia, Mantan peneliti NASA, Editor Jurnal The Asian Pacific Clinical Health, dan Pimpinan Vegetarian Union of Iran dan banyak pembicara lainnya yang berasal dari luar dan dalam negeri. Secara total akan ada 60 pembicara dari 20 negara yang akan menyampaikan presentasinya.

Kongres vegetarian sedunia ini diselenggrakan oleh IVS dengan dukungan yang sangat besar dari International Vegetarian Union, Asian Vegetarian Union, Kementerian Budaya dan Pariwisata RI, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Lingkungan Hidup RI, Pemerintahan Daerah DKI Jakarta, Jakarta International Expo, Fakultas Kesehatan Masyarakat Departemen Gizi UI, Kerjasama dengan Healthy Life Metrotv dan DAATV.

39th IVU World Vegetarian Congress ini menjadi sebuah tantangan dan kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia. Mari kita sukseskan The 39th IVU World Vegetarian Conggress ini dengan berpartisipasi dalam seminar dan pameran yang akan diadakan di Pusat Niaga Lantai 6, PRJ Kemayoran Jakarta – Indonesia pada 1-6 Oktober 2010 dan Bali Art Center, Denpasar Bali Island – Indonesia pada 7-9 Oktober 2010.

Ketua Penyelengagara
39th IVU World Vegetarian Congress 2010
Dr. Susianto

Informasi lebih lanjut:
Koordinator Humas 39th IVU 2010
email: public.relation@wvc2010.org
+62 8111 79804
+62 812 103 103 95098
+62 819 314 211 60