KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

JAKARTA — Tujuh Kementerian dan Lembaga (K/L) menyatakan siap untuk mengeluarkan penerbitan perizinan impor dengan menggunakan sistem National Single Window (NSW).
Ketujuh K/L tersebut adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Kehutanan, Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan,Hidup, Kementeri an Pertahanan, Kementerian Pertanian, dan Kepolisian RI.

Dengan demikian, nantinya akan ada 15 instansi pemerintah yang sudah menggunakan sistem NSW untuk menerbitkan izin ekspor dan impor sehingga para importir dan eksportir mendapat kemudahan akses pengurusan dokumen dan jaminan pengiriman barang. “Sehingga eksportir-importir tidak perlu mendatanginya secara langsung,” ujar Menkeu Sri Mulyani, Jumat (29/1).

Dikatakannya, sistem NSW impor yang sudah terbangun ini masih memiliki keterbatasan. Peluncuran sistem NSW pada hari ini pertanda dimulainya sistem NSW impor di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Belawan, Makassar, dan Bandara Soekarno-Hatta.

“Dengan demikian mulai hari ini sel importir melalui lima pelabuhan tersebut semua pelayanan hanya dilakukan secara elektronik melalui NSW sehingga mulai hari ini tidak ada lagi pelayanan impor yang dilakukan secara manual di lima lokasi tadi,- tambahnya. (terbit/wilam)

Sumber:
Koran Terbit