KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Siaran Pers: Penyelenggaraan acara pengayaan materi "reduksi emisi kendaraan" dalam kaitannya dengan "Green Car 2005" diikuti oleh 27 SLTA Se-Jabodetabek, dengan jumlah peserta 108 orang termasuk guru-guru pembimbing. Penyelenggaraan dilaksanakan mulai tanggal 21 – 22 Mei 2005 di Jakarta, dibuka oleh Bapak Yanuardi Rasudin selaku Deputi Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Sumber Non-Institusi sekaligus memberi pengarahan kepada para peserta yang mengharapkan semua peserta dapat memberikan informasi kepada siswa-siswi lainnya yang belum mendapatkan kesempatan hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan acara ini Asdep Urusan Emisi Kendaraan, Bapak Ridwan D. Tamin berkesempatan memberikan materi kebijakan pengendalian emisi kendaraan dan penggunaan Bensin Tanpa Timbal di Indonesia.

Pada acara tersebut diberikan materi yang berkaitan dengan "Green Car 2005" dari berbagai pakar antara lain pakar kesehatan dari FKM-UI, pakar manajemen transportasi dari Jurusan Teknik Sipil-ITB, pakar teknologi mesin otomotif dari BPPT, lingkungan hidup dari BPLHD, KLH dan Mitra Emisi Bersih (MEB).

Dalam acara tersebut MEB memberikan penjelasan mengenai terbentuknya Youth Clean Air Club (YCAC) yang merupakan wadah kaum muda untuk berkiprah dalam menurunkan pencemaran emisi kendaraan sesuai dengan kemampuannya sebagai anggota masyarakat yang peduli kepada udara bersih.

Dalam acara ini diperagakan pula pemeriksaan blood test khususnya kadar haemoglobin kepada 8 orang peserta. Dari hasil pemeriksaan haemoglobin dari 8 siswa diperoleh hasil bahwa satu orang mempunyai nilai Hb diatas ambang batas. Batas kadar haemoglobin untuk wanita antara 12 – 16 %, sedangkan untuk pria antara 14 –18 %.

Siswa-siswi SLTA pada akhir acara berharap kepada penyelenggara bahwa kegiatan ini dapat ditindaklanjuti pada masa mendatang dengan berbagai topik teknis dalam rangka mereduksi emisi kendaraan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Asdep Urusan Emisi Kendaraan Kementerian Lingkungan Hidup
Tel/Fax: (021) 859 11207
Email : emisikendaraan@menlh.go.id
Agus Saefudin : 0812957215
Fitri Harwati : 081314018209