KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Peliputan Media dalam acara Kementerian Lingkungan Hidup

Waktu/

Lokasi Acara Keterangan
Kamis,  

31 Oktober 2013

 

Pukul 09.00 WIB – selesai

 

Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta

Kencana Room

“Ekspose Penghitungan Daya Tampung Beban Pencemaran Sungai Barito” 

 

Sungai Barito yang mengalir di 2 provinsi yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan merupakan sungai prioritas nasional untuk dilakukan pengelolaannya. Sungai ini mengalir dari hulu yaitu pegunungan Schwaner, Kab. Murung Raya dan berhilir di Kab. Barito Kuala melewati 4 kabupaten dan 1 kota.  KLH telah menghitung Penentuan Daya Tampung Beban Pencemaran Sungai Barito. Informasi mengenai Daya Tampung Beban Pencemaran Sungai ini penting diketahui agar pemerintah daerah dapat menentukan kebijakan yang harus diambil sesuai denan kapasitas sungai Barito yang dilaluinya. Komitmen yang tinggi dari para pimpinan Pemerintah daerah untuk menjaga kualitas sungai Barito sangat diperlukan.

Narasumber: 

  1. Menteri Lingkungan hidup
  2. Gubernur Kalimantan Tengah
  3. Gubernur Kalimantan Selatan
  4. Deputi Bidang Pencemaran Lingkungan KLH
  5. Kepala BP Sungai Brantas

Moderator:

IGG Maha Adi, Ketua Society Indonesian Environmental Journalist

Jumat, 1 November 2013 

 

Pukul

11.00 – 14.00

 

Hotel Century, Senayan, Jakarta

Lunch Gathering “Sarasehan dan KLH Media Award 2013” 

 

Sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup 2013 dan upaya mengantisipasi dampak Perubahan Iklim , maka KLH bermaksud menyampaikan perkembangan terkait kegiatan “Sustainable Consumption and Production” (SCP) dan “Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim” secara nasional dan posisi Indonesia di forum internasional.

Pertemuan ini juga akan menyampaikan hasil dari penjurian “KLH Media Award 2013” yang mengangkat tema “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan”. Pemenang terbaik akan turut bersama Menteri LH ke COP 19th UNFCCC di Warsawa Polandia. Tiga pemenang terbaik katagori media cetak dan tiga pemenang terbaik katagori media on-line juga akan diumumkan. Selain itu, dapatkan doorprize menarik bagi khusus bagi wartawan yang hadir.

Narasumber: 

  1. Sekrretaris KLH
  2. Deputi Bidang Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH
  3. Deputi Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana Teknis KLH
  4. Para Juri KLH Media Award 2013
 

Senin

4 November 2013

Pongkor, Kab.Bogor

 

berangkat dari Kantor Antam, TB Simatupang, Tj. Barat, pkl. 05.-00 WIB

 

 

Upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan di Pertambangan Emas PT. Antam di Pongkor, Jawa Barat.

 

Dalam rangka pelaksanaan UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup khususnya dalam bidang pertambangan, Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA akan melakukan kunjungan lapangan ke tambang emas PT Antam Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kunjungan lapangan ke perusahaan tambang yang merupakan bagian dari pelaksanaan pengawasan terhadap ketaatan peraturan di bidang lingkungan hidup, serta mendorong inovasi dan penciptaan nilai dan keunggulan lingkungan. Untuk pengelolaan lingkungan, perusahaan tambang perlu memperhatikan pemanfaatan sumber daya alam, pemanfaatan limbah non B3, pengembangan masyarakat, dan pelestarian keanekaragaman hayati.

 

Keterangan:

Sehubungan dengan akses ke lokasi yang terbatas, mohon konfirmasi kehadiran wartawan Saudara kepada Sdr. Arif Armanto – Antam (081575001508) paling lambat Jumat, 1 November 2013. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Hanum – Humas KLH (08129646266)

 

 

Narasumber:

  1. Menteri Lingkungan Hidup
  2. Deputi Pencemaran Lingkungan KLH
  3. Deputi Pengelolaan B3, Limbah B3 dan Persampahan KLH
  4. Direktur PT. Antam