KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Ikuti beraramai-ramai kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup 5 Juli 2014.

A. Pekan Lingkungan Indonesia (PLI 2014)

Pekan Lingkungan Indonesia  PLI 2014, merupakan ajang pameran lingkungan terbesar yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (Swasta, Pemerintah Pusat dan daerah, NGO/LSM dan Lembaga Internasional) yang dilakukan oleh PT. Antheus bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

PLI 2014 diadakan di Jakarta Convention Center dengan luas 5.000m2 di Hall B, Jakarta. Pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 2014.  Kegiatan yang akan dilakukan oleh  Kementerian Lingkungan Hidup dan masyarakat antara lain.

  1. Stan Kementerian Lingkungan Hidup. Stan Kementerian Lingkungan Hidup terletak di areal pintu masuk. Pembangunan stan ini mengikuti tema Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia UNEP-PBB yaitu Raise Your Voice not the sea level yang Tema ini sudah di Indonesiakan menjadi “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”.  Tema inilah yang akan digambarkan dalam stan KLH bercirikan Pesisir dan Laut. Stan ini akan dibuka sejak tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juli 2014. Hal yang baru akan ditampilkan dalam Stan KLH adalah Bilik suara, bilik ini dibuat kepada peserta untuk eksis dalam menyampaikan pendapatnya kepada Kementerian Lingkungan Hidup terutama gagasan-2 posisitif dan membangun untuk usaha pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu Kementerian Lingkungan Hidup mengeluarkan logo, Kaos, kemeja, topi. Denah Lokasi pameran PLI 2014.
  2. Lomba Mengambar dan Mewarnai. Tema lomba menggambar dan mewarnai tahun ini adalah “Sayangi Pantaiku, Lindungi Biota Lautku”, yang di khususkan untuk pelajar tingkat TK dan SD (Sekolah  Adiwiyata dan non Adiwiyata) dengan target peserta sebanyak 150 orang yang akan dilakukan selama 2 hari, yaitu: TK, 1 & 2 SD. diadakan pada tanggal 30 Mei 2014 pukul 13,00 s.d. 17.00 WIB. Sedangkan untuk kategori kelas 3-6 SD akan dilakukan pada tanggal 31 Mei 2014, Pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB, bertempat di Pelatar Hall B , JCC. Informasi lebih lanjut dapat clik flyer gambar ini.
  3. Fun Walk. Menargetkan 1000 peserta yang terdiri dari peserta internal KLH (keluarga) maupun Umum. Kegiatan jalan sehat ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2014 dan pendaftarannya dilakukan di Asdep Peningkatan Peran masyarakat Gd. B. Lt. 5. Atau untuk peserta internal KLH dilakukan di unit kerja masing-masing dan daftar ulang dilakukan di meja panitia.  Peserta akan diberi kaos, door prize dan hiburan. Kegiatan Fun walk sendiri akan dilakukan pada tanggal 1 Juni 2014, pukul 06.00 WIB pagi. Start dan Finish dilakukan di Depan gedung JCC dimana dilakukan Pameran PLI 2014, dan dilakukan di sekitar Lingkungan Gelora Bung Karno.
  4. Lomba Insinyur Cilik untuk kategori SD, SMP dan SMA  dilakukan di Plataran Hall B JCC. Diadakan pada tanggal 29 s.d. 31 Mei 2014. Penyelengara kegiatan ini adalah Buki Kreatif.
  5. Seminar. Seminar lingkungan hidup dalam Pekan Lingkungan Indonesia Tahun 2014 diselenggarakan pada Kamis-Jumat, 29-30 Mei 2014 di 5 ruangan, yaitu: Ruang Merak 1, Ruang Nuri 1 dan 2, Ruang Kakatua, Ruang Maleo. Seminar lingkungan dilaksanakan oleh unit-unit kerja KLH dengan mengusung tema pesisir dan laut, perubahan iklim, duta lingkungan, serta kebakaran hutan.
  6. Eco Drive. Eco-Drive adalah suatu cara untuk memperlakukan/mengemudikan kendaraan bermotor sesuai dengan teknologi / karakter kendaraan tersebut sehingga tercapai effisiensi yang maksimal. Dengan kata lain Eco-Drive adalah gaya mengemudikan kendaraan yang cerdas selaras dengan teknologi (mesin dan transmisi) kendaraan bermotor.Kegiatan Workshop dan Rally Eco-Drive PLI 2014 ditujukan untuk: 1) Memperkenalkan konsep, keuntungan dan manfaat Eco-Drive bagi semua pihak, 2) Memberikan pelatihan (teori) dan praktek Eco-Drive melalui Rally Eco-Drive, 3) Memunculkan kemandirian individu untuk menerapkan teknik mengemudi Eco-Drive. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 31 Mei 2014 di JCC, Senayan, Jakarta. Rangkaian eco-driving terdiri dari dua acara yaitu: 1) Workshop dengan target peserta 150 orang dan diperuntukkan oleh pemilik/pengguna kendaraan bermotor umum; 2) Eco-driving rally dengan target peserta 100 mobil yang diperuntukkan oleh pengemudi mobil dengan ketentuan khusus.

B, Hari Lingkungan Hidup 2014.

Puncak kegiatan HLH 2014 adalah kegiatan untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berperan akhtif dalam dalam proses pengelolaan lingkungan hidup secara aktif yang dilakukan baik perorangan, sipil maupun swasta. Puncak kegiatan ini jatuh pada tanggal 5 Juni 2014. Kegiata itu berupa penyerahan trophy:

  1. Kalpataru
  2. Adiwiyata
  3. SLHI
  4. PROPER
Tags: