Ajang Kampanye Lingkungan di Pusat Perbelanjaan

Depok 22 Desember 2006. PT. Savvi Media Komunika (SAMEKO) bekerjasama dengan Kementerian Negara Lingkungan Hidup mengadakan ajang kampaye lingkungan dengan thema "Kepedulian Lingkungan Hidup di Tengah Arus Konsumerisme" lantai dasar  pusat perbelanjaan Depok Town Square. Pameran ini diluar dugaan menarik animo pengunjung yang merasa terhibur dengan informasi yang dikemas lebih memasyarakat dan  menarik minat anak muda. Pameran [...]

28 Dec 2006 11:17 WIB

Depok 22 Desember 2006. PT. Savvi Media Komunika (SAMEKO) bekerjasama dengan Kementerian Negara Lingkungan Hidup mengadakan ajang kampaye lingkungan dengan thema "Kepedulian Lingkungan Hidup di Tengah Arus Konsumerisme" lantai dasar  pusat perbelanjaan Depok Town Square. Pameran ini diluar dugaan menarik animo pengunjung yang merasa terhibur dengan informasi yang dikemas lebih memasyarakat dan  menarik minat anak muda.

Pameran lingkungan hidup di pusat perbelanjaan memang baru pertama kali diadakan. Panitia sendiri mengembangkan pola pameran yang akrab dengan masyarakat. "Pameran lingkungan hidup di pusat perbelanjaan, menggunakan pendekatan yang berbeda dalam komunikasi lingkungan. Bila biasanya pameran mengundang pengunjung, justru kami mencoba membawa masuk pameran lingkungan hidup di tengah keramaian pusat perbelanjaan di kota-kota besar," katanya.

Selain itu pameran ini tidak semata-mata untuk memberikan informasi masalah lingkungan hidup, tetapi yang lebih penting bagaimana merangsang masyarakat agar mau terlibat mengatasi masalah yang ada. Penyampaian materi kampanye juga diisi dengan berbagai acara menarik yang memungkinkan pengunjung ikut terlibat aktif di dalamnya. Cara-cara menghadirkan tokoh masyarakat, seperti artis ibu kota merupakan maknit yang efektif untuk menarik kegiatan interaktif tersebut diatas.

Untuk menjaring kawula muda, maka pameran ini sengaja memadukan aspek informasi, edukasi, entertainment dan fun. Jadi, ada beberapa kegiatan yang diramu jadi satu, seperti penampilan selebriti yang peduli lingkungan, demo gaya hidup ramah lingkungan, mimbar bebas komentar lingkungan dan lain sebagainya, yang dari padanya diharapkan banyak orang dapat diajak masuk dalam proses dan upaya pemecahan masalah lingkungan.

Mengapa Kampanye Lingkungan Hidup di Pusat Perbelanjaan?
Kegiatan ini sendiri didasari dari enam (6) poin mengapa kampanye lingkungan Hidup diadakan di Pusat perbelanjaan antara lain; (i)  Pengunjung pusat perbelanjaan umumnya adalah kalangan yang bergaya hidupnya cenderung boros air, boros sumber daya alam, boros energi  dan menurut penelitian, setiap warga kota setidaknya memproduksi sampah sekitar 800 gram/hari, dan juga mencemari udara dengan asap dari knalpot kendaraan, (ii) Pusat perbelanjaan selain tempat berbelanja, juga merupakan salah satu tempat  pilihan untuk "berekreasi" setelah menjalankan aktifitas rutin, (iii) Pengunjung biasanya repeaters, mereka yang mengadakan kunjungan berulang selama sebulan, (iv) Pengunjung pusat perbelanjaan terdiri dari hampir mencakup semua strata dalam masyarakt, (v) Suasana pusat perbelanjaan yang modern belum tentu membentuk pola lingkungan yang baik atau tidak terdapat masalah lingkungan. Namun, sebenarnya banyak akibat  atau perilaku dan gaya hidup dari pengunjung pusat perbelanjaan yang tidak berwawasan lingkungan, (vi) Pengunjung pusat perbelanjaan tanpa disadari adalah produsen limbah yang sulit untuk didaur ulang di tempat tinggalnya seperti kantong pelastik, makanan/minuman dalam kemasan kaleng/plastik. Selain itu limbah beracun seperti; baterai bekas, bekas alat elektronika, tabung kimia pembasmi seranga, cairan pembersih lantai dll. Hal ini tanpa disadari memiliki andil dalam perusakan aliran sungai, perusakan daerah resapan air dan sebagainya.

Penyelengara kampanye lingkungan hidup di pusat perbelanjaan, sesungguhnya merupakan salah satu strategi untuk mendekatkan program pelestarian lingkungan dengan masyarakat sasaran, dengan pendekatan persuasif, edukatif dan hiburan. Diharapkan dengan pola komunikasi dan edukasi sosial seperti ini, masyarakt tergerak untuk cinta dan peduli lingkungan.

Sumber berita: (berbagai sumber)

Informasi lebih lanjut:
Asisten Deputi Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan
Telepon : 021 – 8517184, 8580087
e-mail: edukom@menlh.go.id
http://www.menlh.go.id

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı