KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

      Jakarta, 20 November 2009 (ANTARA) – Dokumen Second National Communication (SNC) yang merupakan dokumen resmi penanganan perubahan iklim di Indonesia yang akan disampaikan kepada sekretariat The United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) akan diluncurkan dalam Dialog Nasional tentang Perubahan Iklim pada Senin 23 November 2009 di Hotel Borobudur. Dialog Nasional ini bertujuan untuk menggali dan mengkonsolidasikan ide dan gagasan menjelang berlangsungnya pertemuan tingkat kepala negara yang membahas perubahan iklim di Kopenhagen (COP 15) pada 7-18 Desember 2009.

     Dokumen SNC merupakan referensi dasar dan utama bagi penyusunan program dan kebijakan lebih lanjut untuk mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen sebagaimana telah dicanangkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Pittsburgh-Amerika Serikat, 24-25 September lalu.

     Peluncuran dokumen SNC merupakan salah satu kegiatan Dialog Nasional yang akan dibuka secara resmi oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup (MNLH) Gusti Muhammad Hatta. Menteri Lingkungan Hidup Norwegia Erik Solheim juga akan menghadiri Dialog Nasional ini yang rencananya akan dihadiri oleh sekitar 300 peserta.

     Dialog Nasional yang diselenggarakan MNLH bekerja sama dengan UNDP ini akan menghadirkan beberapa narasumber penting seperti Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim Nasional (DNPI) Rachmat Witoelar dan Country Director UNDP Indonesia Mr. Hakan Bjorkman.

     Sementara itu, nara sumber untuk diskusi panel akan menghadirkan Penasehat Presiden Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Emil Salim, Wakil Menteri Pertanian Bayu Khrisnamurthi, aktivis lingkungan hidup Emmy Hafild, dan Kepala Sekretariat DNPI Agus Purnomo.

     Info Lebih Lanjut Hubungi:
     1. Dida Gardera (Humas Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup/081510520081)
     2. Amir A. Gofur (08161339302)