KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

“Antara Hulu dan Hilir”, bukan sebuah ungkapan ataupun selogan. Tetapi sebuah pendekatan pengelolaan lingkungan yang diterjemahkan secara sederhana sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang sehat dan baik. Melalui peran mahasiswa sebagai motivator, Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat KMNLH bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STAIN) Cirebon menggelar kegiatan kemahasiswaaan melalui ragam aktivitas “Kecintaan Terhadap Lingkungan” yang diselenggarakan pada tanggal 6 s/d 9 Mei 2005 dengan mengambil lokasi hulu di Kabupaten Majalengka dan hilir di Kota Cirebon. Kegiatan yang diberi tema “Implementasi Kontribusi Generasi Muda Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup”, diawali dengan “Sarasehan Lingkungan Hidup”, “Penyuluhan Bahaya AIDS” yang kemudian dilanjutkan dengan “Lomba Lintas Medan”.

Kegiatan yang sangat menarik adalah kegiatan lintas medan yang menyusuri Taman Nasional Gunung Ceremai yang dibagi kedalam 2 (dua) jalur etape. Melalui pintu masuk Desa Argalingga, Kabupaten Majalengka kegiatan dimulai dengan perkemahan di dalam hutan taman nasional, yang keesokan harinya dilanjutkan dengan perjalanan yang menempuh beberapa daerah di Kabupaten Majalengka seperti Pasir Gede, Lempah Buah, Kebon Lutung, Malahayu, Licin, Awilega Babakan, Padaherang yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman 1.000 pohon Cangkudu dan perkemahan peserta, sekaligus finish etape I yang menempuh waktu + 6 jam perjalanan. Perjalanan yang kemudian dilanjutkan keesokan harinya dengan mengambil garis star Padaherang, para peserta berjalan menuju daerah Paniis, Mandirancang, Mekarjaya, Sarwadadi, Perumnas, yang kemudian Pegambiran di Kota Cirebon, dan merupakan daerah pesisir. Pada akhir etape yang menempuh waktu selama + 10 jam perjalanan, para peserta melanjutkan aktifitasnya dengan penyulaman pohon mangrove sebanyak 1.000 pohon.

Kegiatan yang melibatkan 50 tim yang masing-masing tim terdiri dari 5 anggota dan berasal dari Jakarta, Bandung, Kuningan, Cirebon, Tegal, Tangerang, Semarang, Salatiga, Solo dan Bandar Lampung, mereka tergabung dalam organisasi pencinta alam kemahasiswaan dari berbagai lembaga pendidikan setingkat universitas, sekolah menengah dan juga masyarakat umum, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menumbuh kembangkan kreatifitas generasi muda sebagai upaya pelestarian lingkungan melalui kecintaannya terhadap lingkungan hidup.

Informasi lebih lanjut :
Asdep Urusan Masyarakat
Pesisir dan Laut (3/III)
Telp: (021) 85900225