KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pagaralam (ANTARA News) – Sebagian atau sekitar satu hektare hutan lindung Lematang Indah Kota Pagaralam, Sumatra Selatan (Sumsel), Jumat sekitar pukul 19.00 WIB terbakar.

Dari pantauan, kebakaran hutan ini terjadi akibat ada warga yang membakar lahan untuk perkebunan, kemudian api merembet dan membakar hutan lindung tersebut.

Namun, kebakaran ini tidak sempat meluas, dan berhasil dipadamkan tim pemadam kebakaran dibantu masyarakat setempat, sehingga api tidak menjalar ke bagian hutan lainnya.

Camat Dempo Tengah Heri Mulyono mengatakan kebakaran terjadi akibat ada warga yang akan membuka kebun dengan cara membakar lahan. Setelah dibakar, ditinggal pulang oleh pemilik lahan.

"Setelah lahan dibakar, ditinggal pulang, tiba-tiba api membesar dan merembet ke kawasan hutan lindung," katanya.

Namun demikian, kata dia kebakaran hutan itu tidak sampai meluas setelah petugas pemadam kebakaran dibantu warga setempat melakukan pemadaman, dan akhirnya api berhasil dipadamkan.

"Kami sudah imbau warga agar tidak membakar lahan yang akan dijadikan kebun maupun ladang. Tetapi masih ada juga yang membandel," katanya.

Ia mengatakan meskipun musim hujan, kalau cuaca panas beberapa hari saja semua rumput dan semak belukar akan mudah terbakar. Apalagi di daerah ini sudah banyak hutan yang gundul.

Kapolres Kota Pagaralam AKBP Soleh mengatakan kondisi Pagaralam yang merupakan daerah perbukitan masih banyak terdapat hutan, sehingga rawan terjadi kebakaran.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kebakaran hutan, sudah ada surat imbauan serta penyebaran brosur tentang larangan membakar hutan.(*)