KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

      Jakarta, 20/11 (ANTARA) – Pelaksanaan Gerakan Penanaman serentak One Man One Tree atau satu orang satu pohon bersamaan dengan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2009 (HMPI-BMN) dilaksanakan tanggal 28 Nopember 2009 di Pasir Malang, desa Ciherang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

     Rencananya kegiatan penanaman ini secara simbolis akan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono, yang akan dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta Para pimpinan DPR RI, Duta Besar Negara negara sahabat, perwakilan departemen-departemen terkait, BUMN, lembaga donor, Gubernur Provinsi Jawa Barat, dan undangan lainnya berjumlah sekitar 500 orang untuk melakukan penanaman serentak di lokasi acara.

     Saat ini tersedia bibit yang akan ditanam pada kegiatan penanaman serentak tanggal 28 Nopember 2009 sebanyak lebih 205.000.000 batang. Beberapa daerah seperti Prop. Sumut, Prop. Jateng, Prop. Jatim, Prop. NTB, dan Prop Sulsel. Jumlah bibit yang tersedia melebihi target bibit yang diperlukan.

     Dari laporan resmi secara tertulis sudah sekitar 48 juta batang pohon yang ditanam. Sedangkan penanaman swadaya oleh berbagai lembaga dan kelompok masyarakat yang tidak dilaporkan secara tertulis juga sekitar 30 juta batang. Sesuai pernyataan Wakil Gubernur Propinsi Jawa Barat, Dede Yusuf, pada 2 Nopember 2009 di Cikopo, Purwakarta, menyatakan Jabar telah menanam lebih dari 80 juta pohon hingga pertengahan Oktober 2009.

     Pemerintah optimis target penanaman 230 juta batang pohon pada tahun 2009 ini akan dapat direalisasikan, gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinyu, sehingga julukan jamrud khatulistiwa yang kita cita-citakan akan terwujud dan terus melekat bagi bumi pertiwi tercinta.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Departemen Kehutanan.

Sumber:
Antara Lingkungan