KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta (ANTARA News) – Ketua Komisi Organisasi Dewan Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Ririn Sefsani, memperkirakan, pada 2011 kota Jakarta akan macet total.

"Kalau mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso memperkirakan 2014 Jakarta macet total. Saya rasa kemacetan total akan lebih cepat jadi 2011," katanya dalam diskusi "Green Car" mobilmotor Forum 2009 di Jakarta, Kamis.

Prediksi sebelumnya menyebutkan, ruas jalan di Jakarta tak akan mampu menampung jumlah kendaraan pada 2014, sehingga menjadi macetan total, namun karena sangat cepatnya pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sejak 2007, maka macet total di Jakarta akan semakin cepat terjadi.

Konsekuensinya, Jakartaakan menjadi kota yang tidak layak huni, dengan tingkat polusi yang sangat tinggi.

Ririn menyebut reformasi sektor transportasi publik bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah itu, yaitu mendesak industri otomotif mengembangkan transportasi publik ramah lingkungan.

"Produsen harusnya menciptakan transportasi massal yang ramah lingkungan. Bukan lagi memikirkan mobil ramah lingkungan pribadi," tegasnya.

Pemerintah juga mesti konsisten melaksanakan kebijakan pengembangan mobil ramah lingkungan. "Jangan sampai itu hanya menjadi slogan saja. Di sini perilaku masyarakat pun patut dipertanyakan," tegas Ririn.

Beberapa kebijakan yang harus konsisten dijalankan yakni Perda DKI Nomor 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara. (*)

Sumber:
RSS-Antara News