KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Foto KLH- Anugerah Jurnalistik Lingkungan 2014-05122014Jakarta, 5 November 2014. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali menyelenggarakan Media Award 2014 yang kali ini bekerjasama dengan Society Indonesian Enviromental Journalist ( SIEJ). Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan apresiasi kepada para jurnalis atas kepedulian mereka mempublikasikan informasi mengenai masalah lingkungan hidup di media massa. Kegiatan ini telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan harapan pemberitaan lingkungan semakin meningkat dan terlaksana konsistensinya akan pembelaan terhadap upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

Tema tahun 2014 ini adalah “Inovasi Ramah Lingkungan” yang diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk peduli dan peka terhadap inovasi lingkungan yang mendorong perubahan gaya hidup dan konsumsi ramah lingkungan. Penghargaan Anugerah Jurnalistik tahun 2014 ini diberikan kepada 6 jurnalis terbaik yang telah menerbitkan karyanya di media cetak maupun online di seluruh Indonesia. Panitia telah menerima 130 karya-karya jurnalistik lingkungan dalam bentuk feature dan straight news yang mayoritas berbobot, menarik dan mengalir dengan baik. Dewan Juri terdiri dari Sdr. Sapto (Kantor Berita Antara), Sdri. Sinta Saptarina (Kabag Humas KLH), dan Sdri. Leony (PT. Medco Energi), telah berhasil menyusun 6 orang pemenang Anugerah Jurnalistik Lingkungan 2014.

Para Pemenang juga akan mengunjungi lokasi pengelolaan migas PT. Medco Energi di Rimau, Sumatera Selatan yang memperoleh penghargaan PROPER kategori Emas. Semoga rekan-rekan jurnalistik semakin besar berperan dalam edukasi lingkungan terhadap masyarakat. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Society Indonesian Enviromental Journalist (SIEJ) dan PT. Medco Energi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan “Isu lingkungan menjadi isu yang dapat mempersatukan semua lapisan bahkan menjadi isu yang mempersatukan dunia. Isu lingkungan menjadi permasalahan yang terkait dengan berbagi segi kehidupan. Dengan semakin kompleksnya permasalahan yang timbul berkaitan bidang lingkungan, media massa menjadi komponen penting yang dapat menjembatani semua akses informasi mengenai lingkungan baik itu berbagai masalah lingkungan yang timbul dan mengancam kehidupan manusia maupun berbagai upaya yang dilakukan untuk menanggulanginya”.

Peran aktif jurnalis sangat penting, bukan hanya sebagai penyebar informasi tetapi berperan pula untuk advokasi lingkungan. Ujung penanya diharapkan dapat menjadi ujung tombak pembelaan terhadap lingkungan. Pemberitaan positif terhadap upaya perlindungan lingkungan harus disampaikan sebagai bahan edukasi kepada masyarakat.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Drs. Rasio Ridho Sani, M.Com., MPM, Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup, telp/fax: 021-8580104, email: humaslh@gmaill.com

Lampiran Siaran Pers KLH
HmsKLH-121/12/2014, 5 Desember 2014

Nama- Nama Pemenang dalam Anugerah Jurnalistik Lingkungan  2014  adalah:

1. Furqon Ulya Himawan    (Wartawan Media Indonesia, Yogyakarta)
“Angin dan Matahari Menerangi Pantai Baru”

2. Gabriel Wahyu Titiyoga   (Wartawan Tempo)
“Penyejuk Udara Tanpa Listrik”

3. Galis Remina Babay   (Wartawan Majalah Kartini)
” Sri Wahyuni, Keluar dari PNS, Sukses Memberdayakan Ribuan Warga Desa Membuat Biogas
di 318 Kabupaten di Indonesia”

4. Andreas Benoe Angger Putranto  (Wartawan Kompas, Lampung)
” Pasukan Khusus Penghancur Sampah Organik”

5. Agung Wredho  (Wartawan Koran Jakarta)
” Listrik dari Limbah Sawit”

6. M. Hilmi Setiawan  (Wartawan Jawa Pos)
“Berkat Tndom Air Alami, Petani Panen Dua Kali”