KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

 Wapres JK: "Umumkan Juga Perusahaan Hitam"

JAKARTA, SUAR – Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengingatkan, isu lingkungan hidup adalah sejajar dengan dua isu lainnya yakni hak asasi manusia dan demokrasi, dan ketiga isu ini harus tetap diperjuangkan dimasa-masa mendatang. "Karena itu, saya memberikan apresiasi kepada Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang menyelenggarakan pemberian penghargaan kepada perusahaan yang peduli lingkungan," kata Wapres JK pada Malam Anugerah Lingkungan Hidup PROPER 2009, Kamis malam, 15 Oktober di Jakarta.

PROPER adalah salah satu program kreasi Kementerian Negara Lingkungan Hidup berupa Penilaian Peringkat Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Lingkungan Hidup. Tujuan PROPER adalah untuk mendorong peningkatan penaatan perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan, peningkatan komitmen pemangku kepentingan dalam pelestarian lingkungan secara berkelanjutan, meningkatkan ketaatan pelaku bisnis terhadap undang-undang lingkungan hidup dan mendorong penerapan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle).

Pada kesempatan itu, Wapres JK juga memuji beberapa perusahaan pertambangan yang berhasil meraih peringkat HIJAU dalam penilaian PROPER 2009.

"Selama ini, kita melihat perusahaan tambang, seperti batubara kan merusak lingkungan, tetapi ternyata ada juga yang mendapat penghargaan, ini satu hal yang sangat menggembirakan tentunya," ujar Wapres JK. Dari 38 perusahaan yang meraih peringkat  Indonesia, PT Kaltim Prima Coal (KPC), PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, dan PT Tambang Batubara Bukit Asam (PT BA) Unit Pertambangan Tanjung.

Perusahaan Hitam
Diluar dugaan, saat penyerahan penghargaan PROPER 2009, Wapres JK juga minta agar perusahaan yang masuk dalam kategori HITAM, agar juga diumumkan. "Mang yang kategori’hitam, atau paling jelek supaya orang terdorong untuk memperbaiki. Umumkan saja," kata Wapres JK. Atas permintan Wapres JK, Ketua Dewan Pertimbangan PROPER, Prof. Dr. Surna Tjahya Djadjadiningrat, menyerahkan daftar lengkap hasil penilaian tim.

"Oke, akan saya bacakan yang hitam, ah ini dia. Daftar hitam pertama PT Pertamina Golden Spike di Muara Enim," kata Wapres sambil tersenyum. Tadi anda mendapatkan empat penghargaan hijau, tetapi anda masih punya PR, karena ternyata Pertamina juga masih ada yang hitam," ujar JK, sambil meminta perwakilan PT pertamina agar berdiri.

Perusahaan lain yang masuk kategori HITAM yang dibacakan oleh Wapres JK, antara lain PT Platinum Keramik Industri, PT Kertas Basuki

Anugerah PROPER 2009
Rahman, dan PTP Pabrik Gula. Seraya menggeleng-gelengkan kepala, Wapres JK menyoroti kinerja perusahaan gula yang semuanya masuk dalam kategori HITAM.

"Bagaimana ini, semua Perusahaan Tebu, hitam," ujarnya lagi. "Saat berkunjung ke perusahaan baja, saya dapat menikmati pemandangan sekitar lokasi pabrik yang hijau dan asri. Tetapi saat mengunjungi ungi perusahaan tebu, mencari tempat duduk yang bersih saja susah, karena semua tempat kotor dan dipenuhi sampah," kata Wapres JK.
Perusahaan Susu, Kok Hitam ?

Saat melihat salah satu perusahaan penghasil susu masuk dalam kategori hitam, Wapres JK spontan menunjukkan keheranannya. "Bagimana ini, kok ada perusahaan makanan masuk Proper Hitam. Nanti semua orang bisa diare nih, kalau makan," ujar Wapres JK. Ini berbahaya, harus diumumkan, PT Ultra Jaya Milk Indutri, lanjut JK.

Jika industri makanan masuk dalam kategori hitam, kata Wapres JK, tentu sangat berbahaya karena produknya berupa makanan yang akan dikonsumsi masyarakat. "Kalau industri makanan kita hitam, berapa kemungkinan orang disentri, keracunan dan sebagai," kata Wapres dengan serius.

Wapres JK juga minta agar ditahuntahun mendatang, perusahaanperusahaan yang masuk kategori Hitam juga diumumkan. "Jangan hanya Emas dan Hijau, tapi juga umumkan yang masuk kategori hitam, yang masih mencemari lingkungan," tegas Wapres JK.

Ini penting untuk memberikan motivasi kepada perusahaan agar memperbaiki kinerjanya dalam perbaikan lingkungan hidup. Dicontohkannya, saat diumumkan kota terbersih, maka tidak akan ada aksi apapun. "Tapi kalau diumumkan sebagai kota terkotor, maka akan ramai gotong-royong membersihkan. Seperti Bogor, Batam, Tangerang dan beberapa kota," ujar Wapres JK.

Acara Anugerah Lingkungan PROPER 2009, dimeriahkan dengan pembacaan puisi berjudul "Kerja besar dan berat kini menanti," oleh Taufik Ismail, serta penampilan Ebiet G Ade dan Bimbo, yang membawakan beberapa tambang lawas bertema lingkungan.
Paulus Londo

Sumber:
Koran akar rumput