KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Acara pelaksanaan AEB di Plaza Indonesia tanggal 24 Agustus 2004 dihadiri selain anggota Forum AEB, juga oleh Mantan Menteri Lingkungan Hidup Sony Keraf, dan Artis Diah Permatasari, Gugun Gondrong. Kementerian Lingkungan Hidup dalam forum AEB duduk sebagai Komisi Pengawas.

‘Sony Keraf’ berpendapat kegiatan AEB sangat baik dilaksanakan agar masyarakat mempunyai pandangan yang baik terhadap pengurangan emisi kendaraannya dengan memelihara dan merawat secara teratur agar tidak membahayakan orang lain.

Demikian ‘Diah Permatasari dan Gugun Gondrong’ menyatakan sangat konsen dengan masalah emisi gas buang kendaraan bermotor terutama di DKI Jakarta karena cukup banyak anak-anak yang akan terkena dampak kesehatan seperti hypertensi dan penurunan tingkat IQ anak tersebut. Para artis berkesempatan mengukur kendaraan di arena parkir Plaza Indonesia dan dengan semangat memberikan kartu gratis parkir dan voucer diskon berbelanja di Plaza Indonesia. Dalam kegiatan uji emisi saat ini diberikan stiker dan sertifikat tanda lulus bagi kendaraan yang memenuhi baku mutu emisi kendaraan.

Peningkatan zat pencemar di udara masih tetap berlangsung terus menerus sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi selain itu juga transportasi kendaraan bermotor memberikan kontribusi besar dalam menurunkan kualitas udara bagi kehidupan manusia sehingga mengganggu kenyamanan, kesehatan dan bahkan keseimbangan iklim global.

Kita perlu menghargai dan mendukung upaya yang dilakukan oleh BPLHD DKI Jakarta dalam upaya mengendalian pencemaran udara melalui sinergi stake holder yang terkait dalam forum EAB. Kegiatan AEB dalam kaitannya dengan pengendalian pencemaran udara antara lain adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, mengembangkan perangkat preventif, mendukung pengembangan teknlogi otomotif dan memberikan penghargaan kepada perorangan dan lembaga.

Pelaksanaan AEB yang serupa akan diselenggarakan di kantor Kementerian Lingkungan Hidup pada tanggal 9 September 2004, mulai Jam 10.00 WIB.

Keterangan selengkapanya hubungi :

Asisten Deputi Urusan Emisi Kendaraan
Deputi Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Sumber Non Institusi
Email : emisikendaraan@menlh.go.id