KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kegiatan peduli lingkungan pesisir laut terbentuk di dua daerah, tidak hanya dukungan masyarakat dan nelayan setempat hal ini juga ditandai dengan dukungan sejumlah Da’I di Cerebon. Intuk informasi lebih lanjut berikut ini berita selengkapnya yang diberikan oleh Asisten Deputi 3/III Kementerian Lingkungan Hidup September kemarin.

KADER KELOMPOK PEDULI LINGKUNGAN PESISIR DAN LAUT (KAPEL) WILAYAH BANTEN TERBENTUK

Menambah jumlah kader lingkungan pesisir dan laut yang sudah terbentuk di Propinsi Banten, maka terbentuk lagi kader kelompok bernama Kader Peduli Lingkungan Pesisir dan Laut (KAPEL). Hal ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan/pembekalan yang dilakukan untuk masyarakat pesisir dan laut yang dilaksanakan di Merak bulan Juni 2004 yang lalu. KAPEL dibentuk ke dalam 2 wilayah yaitu KAPEL Wilayah Utara dan KAPEL Wilayah Selatan. Masuk ke dalam KAPEL Wilayah Utara adalah Pokja Tangerang, Aliansi Nelayan Kronjo Tangerang, Pokja Serang, LSM Lebah Serang, Pokja Cilegon, LSM Rumput Cilegon. Sedangkan yang masuk KAPEL Wilayah Selatan adalah Pokja Lebak, MAPALA STKIP Setia Budi Rangkasbitung, Pokja Pandeglang, LSM Alaska Pandeglang, LSM Kaliasa Pandeglang, LSM Pualam Labuan, LSM Gembel Labuan dan Aliansi Masyarakat Nelayan Teluk (AMANAT) Labuan.

Sebagai implementasi dari kepedulian KAPEL terhadap lingkungan pesisir dan laut, maka pada tanggal 22 Agustus 2004, telah dilakukan penanaman mangrove sebanyak 10.000 pohon, sepanjang 1,5 Km, seluas 150 Ha yang direncanakan di wilayah pesisir Pulau Cangkil, Kronjo, Tangerang bersama Universitas Tirtayasa Serang, 11 usaha masyarakat petambak dan KLH.

ASOSIASI DA’I PEDULI LINGKUNGAN (ADPEL)
WILAYAH CIREBON TERBENTUK

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan para Da’i se wilayah Cirebon dan sekitarnya yang dilaksanakan bulan Juli yang lalu, telah terbentuk Kader Kelompok masyarakat pesisir dan laut yang menamakan dirinya Asosiasi Da’i Peduli Lingkungan (ADPEL), yang mempunyai tujuan untuk melestarikan lingkungan pesisir dan laut melalui syiar agama baik pada acara pengajian, khotbah, ceramah maupun kegiatan lainnya yang bernafaskan keagamaan. Tim penasehat ADPEL adalah DR.H.M. Imron Abdullah, M.Ag yang menjabat sebagai Ketua STAIN Cirebon, Prof. Dr. H. Maksum Mukhtar, MA, Drs. Ahmad Asmuni, MA, Drs. Endang Sujana, M.Pd dan Drs. Dedi Djubaedi, MA. Sedangkan Susunan Pengurus ADPEL adalah : Ketua Asosiasi Ahmad Yani, M.Ag, Wakil Ketua Enjo Suharjo, Sekretaris Masriah, M.Ag, Wakil Sekretaris Kadna, Bendahara Rina Rinandah, S.Ag,M.Pd dan Wakil Bendahara Anis Hanisah. Adapun Divisi-divisi lain yang terbentuk adalah Divisi Diklatbang, Divisi Sosialisasi dan Advokasi, Divisi Observasi/Survey dan Divisi Humas masing-masing beranggotakan delapan orang. Yang akan berhubungan dengan ADPEL dapat menghubungi Ahmad Yani sebagai kontak person dengan Nomor Telepon 0231 – 232755, HP 081320757136.

Sebagai wujud dari komitmen terhadap lingkungan pesisir, kelompok ini bersama STAIN Cirebon dan KLH telah melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 10.000 pohon dari 20.000 yang direncanakan di wilayah pesisir Kesenden Cirebon

Informasi Lebih lanjut:
Asisten Deputi 3/III
Kementerian lingkungan Hidup