KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 20 Januari 2005 Bank Indonesia menerbitkan Paket Kebijakan Perbankan 2005 yang terdiri dari 8 Peraturan Bank Indonesia (PBI). Pada PBI No. 7/2/PBI/2005 diatur mengenai Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum berdasarkan faktor-faktor prospek usaha, kinerja (performance) debitur (perusahaan) dan kemampuan membayar.

Dengan mempertimbangkan masukan dari KLH, aspek lingkungan hidup menjadi salah satu komponen dari sisi prospek usaha khusus untuk Penilaian Kualitas Aktiva dalam bentuk Kredit. Ketentuan mengenai lingkungan hidup tercantum pada Pasal 11 Huruf (e) yaitu:

Penilaian terhadap prospek usaha sebagaimana dimaksud pada Pasal 10 Huruf a (Kualitas Kredit ditetapkan berdasarkan faktor penilaian sebagai berikut: prospek usaha) meliputi meliputi penilaian terhadap komponen-komponen sebagai berikut:

(e) upaya yang dilakukan debitur dalam rangka memelihara lingkungan hidup

Pada Penjelasan Pasal 11 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan debitur dalam huruf ini adalah debitur yang wajib melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Peraturan ini menilai bahwa aspek pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan oleh debitur sangat berkaitan dengan prospek usahanya. Berbagai jenis usaha yang dilakukan debitur seperti pulp dan kertas, tekstil, semen dan otomotif, menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan. Jika debitur tidak mengelola dampak penting yang ditimbulkan oleh usahanya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, maka ada potensi risiko lingkungan yang akan mengakibatkan timbulnya kewajiban (liabilities) pada perusahaan baik dalam bentuk biaya ganti rugi dan pemulihan maupun potensi peningkatan biaya produksi serta penurunan nilai properti perusahaan yang dijadikan agunan. Hal-hal ini pada akhirnya akan menimbulkan risiko kredit dan risiko reputasi yang akan berdampak pada prospek usaha dari debitur dan akan mengganggu kesehatan bank.

Ketentuan lebih terinci mengenai PBI ini akan dituangkan pada Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI). Uraian lebih lanjut dari PBI dapat dilihat pada situs Bank Indonesia (www.bi.go.id).

Informasi lebih lanjut hubungi:
Asisten Deputi Urusan Pengembangan Kapasitas
Kelembagaan Penunjang Lingkungan Hidup KLH
Telp/Fax: (021) – 8517161
e-mail: Asdep.3-I-KLH@menlh.go.id