KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

ambarawa.jpgKementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dan Yayasan Ambarawa Pusaka melakukan gerakan Bakti Lingkungan pada tanggal 10 April 2007. Pada kesempatan ini Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Sudaryono sekaligus melakukan pengukuhan kader-kader lingkungan baik dari perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Lingkungan di tingkat kecamatan dan Forum Peduli Lingkungan Perusahaan sekabupaten Semarang.

Pengukuhan ini tidak dimaksudkan untuk membuat lembaga baru di lingkungan Kabupaten Semarang tetapi lebih merupakan upaya penguatan dan pemberdayaan terhadap lembaga-lembaga yang sudah ada di masyarakat sebelumnya.  Hal ini akan menjadi lebih efektif karena ada rasa memiliki dari masyarakat terhadap lembaga dan kegiatannya yang memang dibangun berdasarkan inisiatif yang tumbuh dari masyarakat itu sendiri. Pengukuhan ini dilakukan bersama-sama dengan Bupati Kabupaten Semarang yaitu  Bambang Guritno dan ketua Yayasan Ambarawa Pusaka, Joko Setiyanto.

Pada kesempatan yang sama KNLH juga meresmikan berdirinya Bank Pohon di Kabupaten Semarang dengan menyertakan 1.800 bibit sebagai modal sosial pertama dimana 1000 bibit dari KNLH, 300 bibit dari Pemkab Semarang dan 500 bibit dari Yayasan Ambarawa yang terdiri dari sembilan jenis pohon berupa tanaman keras maupun tanaman buah-buahan yang dapat dimanfaatkan hasilnya oleh masyarakat. Lokasi Bank Pohon ini berada di Sarana Tirta Ungaran yang selama ini mendistribusikan air bersih bagi warga masyarakat Semarang. Dengan mendorong Program Bank Pohon dalam penyelamatan sumber air di Kabupaten Semarang ini diharapkan partisipasi masyarakat luas khususnya dunia usaha dapat terus ditingkatkan.

Penanaman pohon dan pengembangan kebun bibit hanyalah satu sarana dan wadah bagi partisipasi masyarakat untuk dapat bertindak nyata bagi lingkungannya.

Informasi lebih lanjut

Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
021/85911211 / praszt@menlh.go.id