KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

bakti_sosial_jpg.jpgPada tanggal 10 Agustus 2006, Kementerian Negara Lingkungan Hidup cq Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan pada Deputi Komunikasi Lingkungan dan pemberdayaan Masyarakat bekerja sama dengan Forum Komunikasi  Pekerja Sosial Masyarakat (FK. PSM) Medan Sumatera Utara, diketuai Ir. Erliyanto Hrp AmaKa menyelengarakan Bakti Sosial dan penanaman pohon di Kecamatan Medan Barat. Sebelum berangkat ke lokasi peserta Bakti Sosial dikumpulkan lebih dahulu di Kantor Kecamatan Medan Barat, untuk diberi arahan  dari Staf Khusus Menteri dan Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan tentang arti pentingnya pemberdayaan masyarakat tentang pelestarian lingkungan. Dalam Bakti Sosial ini  diikuti  sekitar 300 (tiga ratus) orang, yang terdiri dari peserta Pemantapan training of trainer  lingkungan pada tanggal 9 Agustus 2006, Kelompok Melati dan  Kelompok Bestari dari Dinas Kebersihan, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, dan warga setempat. Bakti Sosial ini secara resmi dibuka langsung oleh Staf Khusus Menteri bidang Pembangunan  dan Pengembangan Wilayah Bapak Drs. Lukman F. Mokogonta, MSI.

Dalam pembukaan tersebut, Staf Khusus Menteri Bidang Pembangunan dan Pengembangan Wilayah  selain memberikan sambutan, juga secara simbolis menyampaikan bantuan bibit pohon untuk penghijauan sebanyak 500 batang, yang diperoleh dari bantuan  Saudara Paris Sembiring penerima Penghargaan Kalpataru tahun 2003, kemudian secara berurutan penyampaian bibit tersebut diikuti oleh Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Camat Medan Barat dan tokoh masyarakat. dengan harapan kondisi lingkungan di Kecamatan Medan Barat dikemudian hari semakin hijau, bersih dan lebih tertata.

Dalam bakti sosial selain menaman pohon penghijauan, juga dilakukan  penyemprotan saluran air yang mampet dengan menggunakan mobil bantuan Dinas kebersihan, membersihkan parit-parit mapet supaya lancar airnya, membersihkan sampah yang berserakan sepanjang jalan yang kemudian diangkut dengan truk sampah., dan mebersihkan rumput dikanan kiri jalan. Kesuksesan bakti sosial ini juga tidak luput dari dukungan  pengusaha-pengusaha yang ada di Kota Medan. Seperti PT. Konimex, PT. Maju Jaya Marquisa Cap Pohon Pinang, PT. Kurnia Aneka Gemilang dan donatur lainnya.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup, sangat mendorong upaya bakti sosial  yang dilakukan oleh FK. PSM  Sumatera Utara ini, sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah yang mendapat predikat terkotor berupa bendera hitam menjadi lebih baik. Partisipasi masyarakat seperti ini perlu lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai lembaga yang ada di Medan  termasuk Pekerja Sosial Masyarakat dan diharapkan menjadi gerakan lingkungan yang lebih luas lagi.

Sumber:

Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perkotaan

Tel/Fax:  021-8580087