KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Avitia Nurmatari – detikBandung
Sabtu, 30/05/2009 09:51 WIB

Bandung – Menurut Koordinator Balad Kuring Anindito atau Dodi bersamaan dengan acara Car Free day, Sabtu (30/5/2009) di Bandung, 26 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat juga menggelar acara bertemakan lingkungan.

Lebih lanjut Dodi menuturkan gerakan ini menjadi wadah yang baik untuk menciptakan dan melestarikan lingkungan hidup. Menurutnya pergerakan masyarakat Jabar mempunyai tekad positif untuk menciptakan lingkungan bersih secara berkelanjutan.

"Hari ini secara serentak di 26 kabupaten kota dilakukan acara serupa namun untuk tekhnik acara menyerahkan kepada kabupaten dan kota masing-masing," ujarnya dalam pembukaan acara Car Free Day. Untuk acara Balad Kuring sendiri persiapan acara hanya dilakukan dalam waktu 1,5 bulan.

"Mimpi besar berawal dari sesuatu hal yang kecil," ujarnya. Dengan acara balad kuring ini, tutur Dodi, semoga menjadi awal untuk menciptakan Kota Bandung yang bersih.

Dalam pembukaan acara Balad Kuring dilakukan pemberian penghargaan berupa hanphone oleh Gubenrur Jawa Barat kepada Sariban seorang warga Bandung yang mengambil paku-paku di batang pohon dan membersihkan jalan secara sukarela.

Area Car Free Day terlihat ramai. Antusias masyarakat terlihat dengan banykanya yang datang menggunakan sepda. Stand-stand terlihat memenuhi sepanjang jalan dari Taman Lansia sampai Rumah Makan Sate Sinta.

Sebelum pembukaan acara, gubernur dan beberapa pejabat yang hadir juga melakukan penanaman pohon di jalan antara Taman Lansia dan Museum Geologi. Diinformasikan sebelumnya Wakil Gubernur Dede Yusuf tampak tidak terlihat dalam acara ini ternyata ikut menghadiri. (ema/ema)

Sumber: http://bandung.detik.com/read/2009/05/30/095140/1139696/486/26-kabupaten-dan-kota-serentak-gelar-acara-lingkungan