KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Avitia Nurmatari – detikBandung

Bandung – Sekitar seratus siswa-siswi SD Pelesiran bersepeda santai dari sekolahnya yang dekat dengan Pasar Balubur Jalan Tamansari ke Jalan Diponegoro. Dengan menggunakan seragam pramuka mereka dengan semangat mengayuh sepeda untuk berpartisipasi dalam acara Car Free Day, Sabtu (30/5/2009).

"Pengennya setiap Sabtu ada acara kayak gini biar bisa naeik sepeda rame-rame," aku Agnia Rusida, siswi kelas V. Menurut Agnia, mereka mengikuti acara ini karena diundang oleh Balad Kuring. Mereka mengayuh sepeda sejak pukul 07.30 WIB.

Senada dengan Agnia, Deni Gunawan, siswa kelas IV juga senang mengikuti acara ini. Bahkan Deni mengharapkan bisa bersepeda setiap hari ke sekolah. "Penggennya bersepeda tiap hari tapi di sekolah nggak ada tempat nyimpen sepeda, banyak yang nyuri," ujarnya.

Para siswa tersebut memarkirkan sepedanya di depan GedunG Satew. Setelah itu mereka asyik mengikuti berbagai games yang disuguhkan di stand-stand.

Selain SD Pelesiran, puluhan siswa siswi SMP 35 pun tak ingin ketinggalan untuk berpartisispasi. Bedanya mereka tidak menggunakan sepeda tapi memilih jalan kaki dari sekolah mereka di Jalan Dago Pojok. Sama halnya dengan SD Pelesiran mereka menggunakan baju parmuka.

"Ingin tiap hari Sabtu ada acara ini soalnya banyak permainan, bisa jalan kaki rame-rame. Nggak kerasa capek soalnya rame-rame," ujar
aku Wulan Nurhidayati, siswi kelas 2.

Pantauan detikbandung, pengunjung Car Free Day dari masyarakat umum masih terbilang sedikit. Selain oleh anak-anak sekolah yang berpartisipasi, acara juga lebih banyak diramaikan anggota komunitas yang berpartisipasi.(ema/ema)

Sumber: http://bandung.detik.com/read/2009/05/30/105312/1139714/486/ratusan-siswa-sd-pelesiran-genjot-sepeda-ke-gedung-sate