KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

kader_lingkungan_1708.jpgPelantikan 100 orang santri peduli lingkungan yang berasal dari beberapa pondok Pesantren di provinsi Banten diselenggarakan pada tanggal 13 Maret 2008 di Pondok Pesantren Al-Mansur, Pabuaran, Serang, Banten. Kegiatan tersebut diikuti dengan aksi nyata penanaman 100 batang bibit pohon buah-buahan  sumbangan dari kebun bibit Bank Pohon Kementerian Negara Lingkungan Hidup di Cipining Bogor dan dari PBNU Pusat. Acara diteruskan dengan kerja bakti membersihkan kali Pabuaran.

Kegiatan ini merupakan respon dan tindak lanjut Program Eco-Pesantren yang dicanangkan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup di Asrama Haji Pondok pada tanggal 5-6 Maret 2008 yang lalu. pernyataan ini disampaikan oleh Drs. K.H. Mustofa Hadi Chirzin Pimpinan Pondok Pesantren Al Mansur.

Sementara itu Drs. H. Mardari Djuhri Kepala Biro Kemasyarakatan Pondok Pesantren Darunnajah dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa pelantikan kader lingkungan pondok pesantren dikaitkan dengan peringatan Hari Lahan Basah dan Pencanangan Penanaman 1 Juta Pohon. Kegiatan ini adalah bentuk respon pelaksanaan program Eco-Pesantren oleh pondok-pondok pesantren di bawah naungan pondok pesantren Darunnajah dengan motto masing-masing pondok pesantren: "GREEN HERO" untuk  pondok pesantren Darunnajah Jakarta, "GREEN FORCE" untuk pondok pesantren Al-Mansur, Pabuaran Serang, Banten, "SAHPALA" (Santri Darunnajah Pecinta Lingkungan) untuk Darunnajah 2 Cipining Bogor, "GREEN PALM TREE" untuk Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor, "GOOBATUNA" untuk Pondok Pesantren Al-Amanah Al Gontory Perigi Tangerang, "WOOD LANDER" untuk pondok pesantren Madinatunnajah Ciputat Tangerang dan "SAHATI" (Santri Hayati) untuk pondok pesantren Madinatunnajah Cilimus Kuningan Jawa Barat.

Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan yang diwakili oleh Kabid Masyarakat Permukiman dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan respon tercepat pelaksanaan program Eco-Pesantren melalui kegitan aksi dan karya nyata dalam mengatasi permasalahan lingkungan oleh komunitas pondok pesantren. Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH)  menaruh harapan agar "Kader Lingkungan Pondok Pesantren" yang baru dilantik tersebut dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat sekitarnya terutama dalam berbagai kegitatan yang ramah lingkungan dan dalam mengelola alam dan lingkungannya secara islami.

Disamping itu pula dapat memaknai dan menjabarkan lebih luas,  bahwa manusia diutus sebagai Kholifah di muka bumi ini adalah  untuk memakmurkan bumi dan menjadikan bumi rahmatan lil alamin, yang layak huni dan memberikan kenyamanan tidak saja bagi manusia, tetapi juga bagi mahluk lain yang mempunyai hak hidup di bumi ini.

Sumber  :  
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24 Jakarta Timur
Telp/Fax : (021) 859 112 11