KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

biomassa1.jpgKementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) pada tanggal 21 – 22 Nopember 2006 di Balikpapan, telah melaksanakan kegiatan bantuan teknis berupa pelatihan (technical assistance) tentang tata cara pengukuran kriteria baku kerusakan tanah untuk produksi biomassa kepada tiga Provinsi yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan kalimantan Timur serta 7 (tujuh) kabupaten di wilayah Kalimantan yakni Kabupaten Kapuas, Tanah Bumbu, Kota Baru, Pasir, kutai Kertanegara, Kutai Timur dan Berau. Selain itu KNLH juga memberikan bantuan peralatan pengukuran kerusakan tanah untuk produksi biomasa kepada 3 (tiga) kabupaten tersebut.

biomassa2.jpgTechnical Assistance dan pemberian bantuan peralatan ini diselenggarakan sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen LH) No. 7 tahun 2006 tentang Tata cara Pengukuran Kriteria Baku Butu Kerusakan Tanah untuk Produksi Biomassa. Permen LH  tersebut ditetapkan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) 150/2000 yang mengatur tentang pengendalian kerusakan tanah untuk produksi biomassa.

Diharapkan dengan adanya kegiatan bantuan teknis berupa bantuan peralatan pengukuran kerusakan tanah untuk produksi biomassa dan technical assistance tersebut, pemerintah daerah dapat segera melakukan pemantauan dalam rangka pengendalian kerusakan tanah di wilayahnya masing-masing.

Sumber:

Assisten Deputi Pengendalian Kerusakan Hutan dan lahan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Gedung B Lt. 4
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon nanas
Jakarta Timur
Telp. 021-85904934