KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

banjirciledug.jpgBanjir yang melanda Komplek Sekretariat Negara Ciledug Tangerang tahun ini cukup parah dimana banyak karyawan Kementerian Lingkungan Hidup tinggal disana. Banjir yang melanda kawasan ini sebetulnya sudah seperti langganan tetapi tahun ini cukup parah seperti pada saat banjir 2002 yang lalu. Banyak warga yang tidak sempat mengevakuasi barang-barang yang ada bahkan beberapa mobil terendam dan tak terhitung motor yang tidak sempat dibawa ke tempat yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena naiknya air sampai setinggi lebih dari 100 cm mulai terlihat pada tengah malam ketika sebagian besar warga baru terlelap tidur.

Kawasan pemukiman ini memang berada tidak jauh dari bantaran sungai sehingga memang sangat rawan dengan luapan apabila ada hujan deras atau air kiriman dari hulu sungai. Beberapa bangunan terutama tembok-tembok yang terbuat dari Batako banyak yang runtuh oleh derasnya arus air yang masih dapat drasakan saat membawa perahu karet  untuk evakuasi beberapa barang warga yang masih bisa diselamatkan.

Sampai hari ini karyawan dari KLH yang berada di Ciledug banyak yang belum bisa beraktifitas di kantor karena kondisi perumahan yang masih berlumpur serta rusaknya barang-barang serta baju yang sempat terendam banjir.

Informasi lebih lanjut

Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
021/85911211 / praszt@menlh.go.id