KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Nugie, Penyanyi & Presenter:
Suatu siang, menjelang akhir bulan Desember 2008 di Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Jalan DI Panjaitan Jakarta. Wartawan yang akan menghadiri konperensi pers dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) dikagetkan dengan kehadiran penyanyi sekaligus presenter Agustinus Gusti Nugroho, yang akrab disapa "Nugie" yang ikut Nadir dengan membawa sebuah sepeda lipat.

"Aku kesini dengan naik sepeda, dan kemana-mana selalu dengan sepeda, " katanya. Nugie, memang salah seorang dari sederat seniman yang peduli terhadap lingkungan hidup. Baginya, sepeda adalah sarana tranportasi yang ramah lingkungan yang patut dikampanyekan kepada masyarakat. Namun ia menyadari kampanye pemakaian sepeda tidak cukup hanya disampaikan secara verbal, melainkan dengan tindakan nyata. la menyadari, semua itu selain butuh waktu panjang juga kesabaran. Namun demi kecintaannya kepada lingkungan, ia rela berlelah setiap hari mengayuh sepeda dari rumahnya di bilangan Bintaro ketempat kerja yang berjarak sekitar 25 kilometer.

Bagi Nugie, banyak manfaat yang diperoleh dengan bersepeda, selain badan terasa sehat, mengurangi polusi udara, juga tidak repot dengan masalah parkir. "Sekarang sepeda lipat sudah banyak, sehingga tidak membutuhkan area parkir yang luas."

Nugie kini terus bergiat mengkampanyekan bersepeda untuk segala kegiatan, bersama-sama  anggota komunitas bersepeda dan pecinta lingkungan. ■ PIL

Sumber:
Koran Akrar rumput
Hal. 8
21 – 26 Januari 2009