KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup – Grand USSU Hotel, 22-23 November 2012 Cisarua Bogor. Bimbingan teknis kearsipan yang diadakan  Grand USSU Cisarua Bogor merupakan salah satu agenda kegiatan yang diselenggarakan oleh Subbagian Arsip & Dokumentasi – Bagian Administrasi & Tata Usaha Pimpinan pada Biro Umum KLH bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Bimbinigan Teknis ini di ikuti oleh 80 Peserta yang terdiri dari para Kasubbag Tata Usaha Pimpinan dan Staf Pengelola Kearsipan Unit Kerja Eselon I dan II Kementerian Lingkungan Hidup Pusat dan 5 Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) serta Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI).

Bimbingan Teknis Kearsipan ini diselenggarakan dengan maksud untuk memperluas wawasan para peserta dalam pengelolaan arsip demi terwujudnya tertib administrasi dalam hal ini pengelolaan arsip dilingkungan KLH serta tercapainya Good Government berdasarkan Permen LH nomor 16 Tahun 2010.

Hadir sebagai narasumber teknis yaitu 1) Bpk. Drs. M. Taufik, M.Si (Direktur Kearsipan Pusat ANRI), 2) Ibu. Dra. Risma Manurung (ANRI) dan 3) Ibu Gayatri Kusumawardani (ANRI) adapun materi yang dibahas dalam Bimbingan Teknis Kearsipan tersebut antara lain: 1) Pengelolaan Arsip Dinamis mulai dari penciptaan,  pemberkasan, sampai dengan penyusutan dan pemusnahan arsip 2) Penyusunan Pedoman Retensi Arsip Sektor Perekonomian Bidang Lingkungan Hidup, 3) Pelaksanaan PP nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan undang-undang nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

Selain itu, dilakukan pula evaluasi tentang pelaksanaan penggunaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik KLH yang sudah dilaunching pada tanggal 12 November 2012 yang dipandu oleh Drs. Yani Mulyani.

Lampiran:

  1. Keputusan Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup Tentang Klasifikasi, Kode dan Index Relatif arsip, Di Lingkungan KLH
  2. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 32  Tahun 2005 Tentang Jadwal Retensi Arsip Kementerian lingkungan Hidup

Keterangan Foto:

Bapak Drs. M. Taufik, M.Si, Direktur Kearsipan Pusat ANRI memberikan materi umum Arsip Dinamis pada “Bimbingan Teknis Kearsipan”

Sumber:
Biro Umum Kementerian Lingkungan Hidup