BUKA POS PENGADUAN SENGKETA LH

Wabup : Lingkungan Hidup Tanggung Jawab BersamaTANJUNG SELOR – Bagi warga yang, memiliki masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan kini bisa melapor ke Pos Pengaduan dan Pelayanan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup (P3SLH). Pos yang berada di bawah Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Bulungan itu, merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 19 tahun [...]

4 Dec 2008 14:11 WIB

Wabup : Lingkungan Hidup Tanggung Jawab Bersama

TANJUNG SELOR – Bagi warga yang, memiliki masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan kini bisa melapor ke Pos Pengaduan dan Pelayanan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup (P3SLH). Pos yang berada di bawah Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Bulungan itu, merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 19 tahun 2004. Sosialisasi pembentukan Pos P3SLH dilaksanakan Selasa (02/12) di ruang serba guna Kantor Bupati Bulungan.

Sosialisasi menghadirkan Asisten Deputi Urusan Penyelesaian Pengaduan dan Sengketa Lingkungan, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Moehammad Zoel Fachry, didampingi perwakilan Bapedalda Kaltim dan Bulungan, serta Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Kalimantan.

Plt Kepala Bapedalda Bulungan, Ir H Achmad B Yasin menjelaskan, kegiatan sosialisasi bertujuan menginformasikan ke masyarakat tentang adanya Pos P3SLH di Bulungan. Sosialisasi yang turat dihadiri dinar instansi terkait, serta, pars pelaku usaha baik di bidang perkebunan dan pertambangan itu juga di harapkan dapat menjelaskan tentang berbagai sanksi administrasi dan pidana, bila melanggar ketentuan perundangan lingkungan hidup.

Melalui Pos P3SLH ini, kata Yasin, warga yang menghadapi masalah sengketa dampak lingkungan hidup bisa melapor. "Dalam Pos ini nanti ada beberapa instansi, seperti kejaksaan, kepolisian, kesehatan dan dari Bapedalda sendiri," kata Yasin yang ditemui usai acara.

Laporan warga, oleh Pos P3SLH nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan kategori permasalahannya. "Persoalan yang timbul dibagikan menjadi tiga, yaitu persoalan perdata, administrasi maupun pidana. Kalau masalah pidana nantinya, akan diselesaikan langsung oleh kepolisian atau kejaksaan," jelasnya. Kapan Pos ini mulai difungsikan? Yasin mengatakan untuk saat ini masih dalam tahap sosialisasi. "Mudah-mudahan mulai 2009 nanti sudah bisa jalan," tegasnya.

Sementara Bupati Bulungan Drs H Budiman Arifin Msi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Drs Liet Ingai MSi saat membuka acara tersebut berharap, masalah lingkungan hidup khususnya di Bulungan benar-benar menjadi perhatian seturuh pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun pelaku usaha.

Wabup mengungkapkan, pembangunan tidak hanya berdampak pada majunya suatu daerah, tapi juga kadang menimbulkan dampak negatif berupa pencemaran dan kerusakan lingkungan.

"Maka itu saya berharap agar pejabat khususnya yang terkait urusan lingkungan hidup agar benar-benar mematuhi peraturan perundangan yang ada, jangan sampai misalnya memberikan izin yang melanggar fungsi hutan, yang bisa menghabiskan hutan di Bulungan," tandasnya. Keputusan Menteri LH No 19/2004 memberikan hak kepada seluruh orang untuk melaporkan setiap bentuk pencemaran dan kerusakan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Laporan itu bisa disampaikan melalui lisan dan tulisan. Sedangkan bentuk sanksi tidak hanya dikenakan pada pelaku pencemaran dan perusak lingkungan, tapi juga pejabat pemerintah yang menerbitkan izin yang tidak sesuai dengan tata ruang. Ini diatur dalam UU No 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang pasal 73 yang menyebutkan, setiap pejabat pemerintah yang berwenang yang menerbitkan izin tidak sesuai dengan rencana tata ruang, dipidana dengan penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 500 juta.

Selain sanksi pidana dan denda, pelaku juga dapat dikenai sanksi tambahan berupa pemberhentian secara tidak hormat dari jabatannya. (ngh/hms-1)

Sumber:
Koran Radar Tarakan
3 Desember 2008

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı