KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kebijakan Pemerintah untuk menyehatkan perekonomian dengan mengurangi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) berpotensi menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat, utamanya rumah tangga miskin dan rentan.

Untuk itu Pemerintah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif guna mempertahankan tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah dengan menyiapkan Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S) dan Program Kompensasi Khusus yang menyasar rumah tangga miskin dan rentan. Besarnya bantuan serta waktu penyalurannya sangat berpengaruh terhadap efektivitas program dalam menjaga tingkat kesejahteraan rumah tangga miskin dan rentan.

“Buku Pegangan Sosialisasi dan Implementasi Program-Program Kompensasi Kebijakan Penyesuaian Subsidi Bahan Bakar Minyak 2013” ini secara ringkas memuat informasi tentang berbagai program yang akan diperkuat dan diperluas cakupannya beserta komponen-komponen pendukung pelaksanaannya untuk membantu rumah tangga miskin dan rentan.

Sebagai sebuah living document, buku pegangan ini akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan pemangku kepentingan di pusat dan daerah serta pihak lainnya yang berkepentingan dalam mengkomunikasikan P4S dan kompensasi khusus kepada masyarakat luas.

Download: Program-Program Kompensasi Kebijakan Penyesuaian Subsidi Bahan Bakar Minyak 2013 (2792 kb/pdf)