KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Langit merupakan salah satu unsur kehidupan yang sangat penting untuk melindungi kehidupan manusia, karena fungsinya yang dapat menapis radiasi sinar ultra violet dari matahari. Oleh karena itu merupakan kewajiban kita untuk melindunginya, demi kelangsungan generasi mendatang.

CAR FREE DAY merupakan program penyelamatan langit dengan mengurangi emisi kendaraan melalui penggunaan transportasi yang ramah lingkungan. Secara internasional, Car Free Day diperingati setiap tanggal 22 September. Di Indonesia, Kegiatan Car Free Day telah dilaksanakan beberapa kali oleh Mitra Emisi Bersih (MEB) yang terdiri dari beberapa stake holder.

INTERNATIONAL OZON DAY adalah kegiatan yang diadakan untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya melindungi lapisan ozon. Tanggung jawab melindungi lapisan ozon merupakan tanggung jawab bersama sehingga peran masyarakat sangat diharapkan sekali untuk membantu Pemerintah mencapai target pengurangan Bahan Perusak Ozon (BPO) pada tahun 2007. International Ozon Day diperingati setiaptahun pada tanggal 16 September.

Mengingat misi yang sama yaitu “Selamatkan Langit Kita� dan tanggal kedua kegiatan tersebut saling berdekatan maka untuk tahun 2004, peringatan Car Free Day 2004 dan International Ozon Day 2004 diselenggarakan secara bersama-sama. Tujuan kegiatan tersebut adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya melindungi dan menyelamatkan langit kita dengan tidak menggunakan kendaraan selama 1 hari dan tidak menggunakan bahan dan produk yang mengandung Bahan Perusak Ozon (BPO).

Pada tanggal 22 September, telah diadakan kegiatan sepeda santai yang melibatkan kurang lebih 200 orang. Sepeda Santai dimulai dari Jl. Jenderal Sudirman dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia. Dalam kesempatan tersebut juga dipasang spanduk berukuran besar tentang Car Free Day dan International Ozon Day yang dilakukan oleh sekelompok aktivis.

Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 26 September 2004 di Bundaran Hotel Indonesia pukul 06.00 – 15.00 WIB. Kegiatan yang akan dilaksanakan berupa jalan santai, sepeda santai, panggung hiburan, bazar, pameran dan berbagai macam permainan. Acara dimulai pada pukul 06.00 yang diawali dengan senam aerobik yang akan dipandu oleh anggota PORPI yang dilanjutkan dengan pembukaan.

Kegiatan jalan santai dimulai dari Bundaran HI menyusuri jalan MH. Thamrin dan memutar kembali ke Bundaran HI untuk mengikuti acara hiburan dan kuis yang akan menyediakan doorprise.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat menjadi tahu dan paham akan pentingnya melestarikan lingkungan dengan cara apapun yang mereka mampu lakukan.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Asdep Urusan Atmosfer dan Perubahan Iklim
Telp. 021 8517164 Fax. 021 85902521
E mail. ozon@menlh.go.id / ozonenet@cbn.net.id

Asdep Urusan Emisi Kendaraan
Telp/Fax 021 85911207