KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Tomohon, 8 Agustus 2014–Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 berlangsung pada 8 – 10 Agustus 2014 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Pembukaan Festival ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara, Dr. S. H. Sarundajang dan Walikota Tomohon, Jimmy F. Eman, SE, Ak. Event dua tahunan ini mengangkat tema “We Greet the World With Flower”. Berbagai kegiatan diselenggarakan diantaranya pawai mobil hias, kontes Ratu Bunga, pameran pariwisata, perdagangan, serta investasi dan florikultura dan festival seni budaya nusantara.Acara ini dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan baik skala maupun jumlah pesertanya.

Kegiatan yang dinanti masyarakat adalah Tournament of Flower (Pawai Kendaraan Hias) yang diikuti peserta provinsi se-Indonesia dan juga peserta wakil dari negara asing, seperti Ameria Serikat, Russia, Perancis, Thailand, Filipina, dan Hongkong.Tomohon International Flower Festival rutin dihadiri oleh kota-kota anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), Kabupaten-Kabupaten anggota APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), BUMN, BUMD, dan instansi swasta.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tomohon bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) ikut ambil bagian dalam pelaksanaan pawai mobil hias dengan urutan tampil ke-12 dengan terkait dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Bentuk kendaraan hias BLH Kota Tomohon dan KLH berupa Harimau Sumatra dan Bunga Bangkai sebagai puspa dan satwa langka Indonesia. Berbagai kendaraan hias lainnya menggunakan berbagai hiasan bunga yang melambangkan kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia yang harus dilindungi, termasuk menampilkan Tarsius, hewan endemik Sulawesi Utara serta Anggrek Payus, flora khas Kota Tomohon.

Tomohon merupakan sebuah kawasan subur belokasi 22 km di timur ibu kota Provinsi Sulawesi Utara yaitu Manado. Slogan kota ini adalah “Menyapa Dunia dengan Bunga” memang dikenali sebagai “Kota Bunga” yang memiliki 35 desa di 5 sub distrik. Tomohon memang dikenali sebagai penghasil bunga dimana saat musimnya tiba maka bunga-bunga indah bermekaran bahkan taman di rumah penduduk.

Informasi lebih lanjut:
Drs. M.R. Karliansyah.
Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup.
Tlp/Fax: 021-8517282.