KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

ccu1.jpgKegiatan Coastal Clean Up (Gerakan Bersih Pantai dan Laut) merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan pesisir, dan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-64. 

CCU ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kawasan konservasi  di wilayah pesisir dan laut, merupakan inisiatif Deputi III KLH Bidang Peningkatan Konservasi Sumberdaya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan, mengurangi dampak sampah terhadap kerusakan ekosistem pesisir dan laut, seperti mangrove, terumbu karang dan padang lamun.


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 8 agustus 2009 di tiga lokasi, TPI Muara Angke, Hutan Lindung Angke Kapuk dan Suaka Margasatwa Muara Angke secara bersamaan. Sedangkan pembukaannya dilaksanakan di TPI Muara Angke oleh Walikota  Jakarta Utara yang  disaksikan oleh Deputi VI KLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta, Pembina Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Peresmiaan ini ditandai dengan penyerahan peralatan CCU berupa cangkrang, serok, plastic bag, karung plastic dll. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan mesin jahit oleh KLH yang disampaikan oleh Deputi VI KLH untuk kelompok pemanfaat sampah yang ada di sekitar Muara Angke sebagai perangsang bagi inisiatif yang sudah mereka jalankan.


Acara CCU ini diikuti sekitar 1600 peserta dari berbagai instansi pemerintah, swasta, mahasiswa, nelayan, pesantren dan anak sekolah serta Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dari Kegiatan CCU ini yang berlangsung selama sekitar 2 jam telah berhasil mengangkat sampah sebanyak 3.546,9 kg dengan rincian sebagai berikut:

  • Hutan Lindung Angke Kapuk 381,4 kg 
  • Suaka Margasatwa Muara Angke 192 kg
  • TPI Muara Angke 473,5 kg
  • Di perairan 2.500 kg

Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Departemen Kelautan dan Perikanan, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta, Walikotamadya Jakarta Utara dan Jakarta Green Monster (JGM) dan didukung oleh PT Indonesia Power, PT Frisian Flag, PT Taman Impian Jaya Ancol, Coca Cola Amatil Indonesia, JICA, dan Pertamina serta PT Unilever. Dukungan lainnya adalah pertunjukan musik dari Sanggar Merah Putih yang merupakan binaan dari Coca Cola Amatil Indonesia serta pameran dari pengolahan sampah dari beberapa binaan dari Pemerintah Kota Jakarta Utara dan PT Unilever.

Sumber:
Asdep Pengendalian Kerusakan Pesisir dan Laut
Deputi III