KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Joint Meeting 8th Conference Of The Parties (Cop) Of The Vienna Convention Of The Protection Of The Ozone Layer And 20th Meeting Of The Parties (Mop) To The Montreal Protocol On The Substances That Deplete Ozone Layer

montreal_01.jpgPada tanggal 16 – 20 Nopember 2008 di Doha, Qatar diselenggarakan Meeting of the Parties (MOP) Protokol Montreal yang ke 20 dan Conference of the Parties (COP) Konvensi Wina yang ke 8. Kedua pertemuan tersebut merupakan pertemuan rutin yang diadakan oleh Sekretariat Ozon.

MOP dilaksanakan setiap satu tahun sekali, sedangkan COP dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Agenda meeting dijadwalkan akan membahas mengenai inter alia: Status General Trust Fund untuk pembiayaan kegiatan tentang Research and Systematic Observation yang relevan dengan Konvensi Wina, juga akan dibahas mengenai replenishment dari Multilateral Fund (MLF) untuk implementasi Protokol Montreal. Agenda lainnya adalah Environmental Sound Disposal untuk Bahan Perusak Ozon (BPO); aplikasi dari ketentuan perdagangan HCFC dan isu lain yang terkait dengan essensial uses dan metil bromida.

Delegasi Indonesia diwakili oleh 17 orang peserta dan Deputi Menteri LH Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan sebagai ketua Delegasi. Perwakilan institusi yang turut dalam delegasi adalah wakil dari KLH, Departemen Luar Negeri termasuk Duta Besar RI untuk Kenya dan Duta Besar RI untuk Qatar, Departemen Perindustrian, Ditjen Bea dan Cukai, BAPPENAS dan Garuda Maintenance Facility sebagai pengelola Bank Halon Indonesia.

Agenda pada hari pertama, 16 Nopember 2008 merupakan acara pembukaan oleh Abdullah Bin Mubarak Bin Asboud al-Midhadi, Menteri Lingkungan Hidup Qatar dan Sekretariat Ozon.

Pertemuan COP dan MOP kali ini menggunakan sistem paperless dimana semua dokumen didistribusikan secara elektronik melalui jaringan yang dibuka selama meeting berlangsung. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dari Sekretariat Ozon dan Pemerintah Qatar dalam konservasi energi dengan mengurangi penggunaan kertas, tinta, dan energi listrik, dengan demikian akan membantu upaya internasional dalam mengurangi pemanasan global.

Setelah pembukaan disampaikan presentasi dari panel assesment dan Chair dari Executive Commitee (ExCom) tentang kegiatan yang telah dilakukan dan pencapaiannya.

Pada sore harinya dilakukan pertemuan dari tiap regional untuk memilih negara yang akan mewakili masing-masing regional dalam keanggotaan ExCom. Selain itu juga diadakan pertemuan Contact group untuk membahas tentang Replenishment of MLF untuk implementation Protokol Montreal, dan mendengarkan laporan dari TEAP dan isu lain yang terkait dengan essential uses

Sumber:
Ir. Sulistyowati,MM
Asdep Urusan Pengendalian Dampak Perubahan Iklim
Telp. 021 – 8517164
Fax. 021 – 85902521
Email:
ozon@menlh.go.id
Website:http:// ozon.menlh.go.id