KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Hall B – Jakarta Convention Center, Jakarta 5 – 8 Juni 2008,

01pli.jpgPekan Lingkungan Indonesia 2008 (PLI 2008) merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia. PLI 2008 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-12 kalinya dan untuk ke-2 kalinya kegiatan ini digabung menjadi "Corporate Social Responsibility (CSR) on Pekan Lingkungan Indonesia 2008" hasil kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan PT Antheus Indonesia. CSR on Pekan Lingkungan Indonesia 2008 diselenggarakan di hall B Jakarta Convention Center dari tanggal 5 – 8 Juni 2008.

03pli.jpgUntuk penyelenggaraan PLI tahun 2008 kali ini mengambil tema "Ubah Perilaku dan Cegah Pencemaran Lingkungan" sebagai respon atas bencana lingkungan yang Bering melanda negeri ini. Untuk penyelenggaraan CSR, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat mengusung tema "Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri on CSR". Kegiatan bertujuan menyebarluaskan informasi prestasi dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan CSR yang dilakukan di tingkat pusat dan daerah.

12pli.jpgAgenda CSR on Pekan Lingkungan Indonesia 2008: Pameran Lingkungan, Pameran Community Development, Seminar, Uji Emisi, Field Trip, Presentasi Produk, Bazaar Dharma Wanita, serta aneka lomba dan hiburan. Seluruh kegiatan dapat diikuti secara gratis, dibuka mulai jam 10.00 sampai 20.00 WIB dan ditutup pada tanggal 18 Juni 2008 pukul 16.00 WIB.

10pli.jpgCSR on Pekan Lingkungan Indonesia 2008 dihadiri oleh Menteri Negara Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Menteri Negara Lingkungan Hidup, duta besar negara sahabat, pejabat tinggi dari tingkat pusat dan daerah, dunia usaha, pemerhati lingkungan dan masyarakat. Pameran diikuti oleh lebih dari 120 peserta terdiri dari lembaga departemen terkait, dings lingkungan hidup atau BPLHD, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, BUMN, Perusahaan Swasta Nasional, Perusahaan Multi Nasional dari berbagai sektor industri, jasa konsultan lingkungan, lembaga penelitian dan pengembangan serta komunitas pemerhati masalah lingkungan dan kemasyarakatan.

13pli.jpgProduk-produk yang ditampilkan antara lain: produk dan teknologi pertambangan, produk-produk unggulan ramah lingkungan, hasil perkebunan pertanian dan kerajinan Langan, daerah eko wisata, jamu tradisional, jasa keuangan, teknologi pengolahan limbah industri, teknologi pengolahan air, sistem pengendalian dampak lingkungan terpadu, teknologi eksplorasi sumberdaya alam, sistem AMDAL, program-program pemberdayaan masyarakat, program CSR, foto atau gambar kegiatan pelestarian alam dan lingkungan.