KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Cirebon dan Pemda Kabupaten Kuningan pada tanggal 27 – 28 November 2004 mengadakan kegiatan lokakarya/pelatihan pengelolaan lingkungan hidup dan pembentukan kader Da’i peduli lingkungan hidup di Pondok Peantren Madinatun Najjah Desa Setianegara Cilimus Kuningan, serta kegiatan penanaman 6000 pohon sukun dan petai di daerah bekas galian C Desa Cibereum dan Desa Seda masing-masing seluas 5 hektar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak/mendorong/meningkatkan kepedulian da’i terhadap lingkungan hidup di daerahnya dan meningkatkan substansi/materi dakwah keagamaan yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan lingkungan. Di samping itu juga mengajak/mendorong/meningkatkan kepedulian Pemda terhadap pengelolaan Lingkungan Hidup di daerahnya.

Kegiatan lokakarya/pelatihan diikuti oleh 63 orang peserta, mereka adalah wakil-wakil Da’i dari Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengga. Acara dibuka oleh Bupati Kuningan Drs. H. Aang Hamid Suganda dan dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup Ir. Arie D.D. Djoekardi, MA serta Ketua STAIN Cirebon Dr. HM. Imron Abdullah, MAg. Bupati Kuningan dalam Sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan kontribusi besar bagi pemeliharaan lingkungan hidup di Kabupaten Kuningan. PAD bukan segala-galanya, yang terpenting adalah bagaimana kita memelihara dan menjaga kelestarian alam. Diharapkan para Da’i yang mengikuti pelatihan dapat mensosialisasikan ilmunya untuk kepentingan masyarakat terutama di pedesaan. Dalam sambutannya, harapan Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat KLH, para Da�i yang merupakan tokoh penting dalam proses penyadaran masyarakat setelah mengikuti pelatihan ini akan mampu berperan aktif dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Output/keluaran dari rangkaian kegiatan ini adalah terbentuknya 63 kader individu Da’i peduli lingkungan, terbentuknya 3 kader kelompok Da’i peduli lingkungan hidup dan itu tertanamnya 6000 pohon pada lahan kritis pedesaan seluas 10 hektar.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi:
Asdep 2/III, Deputi III
Ged. B Lantai 5
Kementerian Lingkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan, Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Telp (021) 8520392; Faks. (021) 8580087