KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 9 Desember 2003 — Kementerian Lingkungan Hidup akan mengadakan rapat persiapan atau Preparatory Meeting (PrepCom) untuk menyelenggarakan Konperensi Tingkat Tinggi Indonesia mengenai Pembangunan Berkelanjutan (Indonesian Summit on Sustainable Development = ISSD) pada tanggal 11 dan 12 Desember 2003 di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta.

PrepCom tersebut diselenggarakan dengan didahului lima pertemuan regional di Pekanbaru, Banjarmasin, Makassar, Mataram dan Yogyakarta, pertemuan regional, sektoral serta pertemuan kelompok utama untuk menghimpun dan menyusun bersama komitmen para pihak untuk melaksanakan Pembangunan Berkelanjutan melalui diskusi kelompok.

ISSD yang nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 6 Januari 2004 di Yogyakarta, bertujuan untuk membangun kesepakatan nasional untuk melaksanakan hasil KTT Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg, mengarus-utamakan Pembangunan Berkelanjutan dalam kebijaksanaan nasional dan mendorong aksi nyata seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) melalui pola kemitraan.

Kementerian Lingkungan Hidup merupakan inisiator dan melalui koordinasi dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah akan mem-fasilitasi penyelenggaraan ISSD tersebut.

Menurut Hoetomo MPA, Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan Hidup, “Masalah yang mendesak di Indonesia untuk ditangani adalah, antara lain, pengentasan kemiskinan, pola produksi dan konsumsi, perlindungan sumber daya alam dan lingkungan dan kemitraan terutama di bidang WEHAB (water, energy, health, agriculture, biodiversity) atau air, energi, kesehatan, pertanian dan keanekaragaman hayati. Diharapkan bahwa dalam Pertemuan PrepCom akan tercapai suatu kesepakatan nasional untuk melaksanakan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”.

Selain wakil-wakil pemerintah, PrepCom akan dihadiri juga oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) yang mewakili Kelompok Utama yang terdiri dari wakil-wakil dari kelompok pemuda dan anak-anak, perempuan, petani, buruh-karyawan, pengusaha, akademisi-ilmuwan, penduduk adat-asli, pemerintah otonomi lokal, lembaga swadaya masyarakat, budayawan-agamawan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ISSD, silahkan menghubungi:
Hoetomo, MPA
Deputi Bidang Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan Hidup
Telp. (021) 8590 4936