KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


33kalpa.jpgSalah satu upaya untuk mendorong peran masya­rakat dalam pelestarian fungsi ling­kungan hidup adalah melalui pemberian penghargaan KALPA­TARU. Sejak tahun 1980 hingga 2007, jumlah penerima peng­hargaan Kalpataru mencapai  240  orang/kelompok. Sebanyak 33 di antaranya berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Revitalisasi Peran Penerima Anugerah Kalpataru Provinsi Jawa Timur berlangsung di Gresik tanggal 27 Juni 2007 ditandai dengan pengukuhan 100 orang kader lingkungan, pelatihan penguatan kapasitas kader, sarasehan penerima Kalpataru se-Propinsi Jawa Timur. Hadir pada kesempatan tersebut, antara lain Deputi VI LH, Pimpinan Pondok Pesantren  Sabi’il Muttaqim, Sunan Dradjat, Nurul Huda, An Nuqoyah, Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan, dan Kepala Bapedalda Propinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, para penerima Kalpataru yang bernaung dalam wadah Forum Komunikasi Penerima Kalpataru Propinsi Jawa Timur sebagai bagian dari Forum Komunikasi Penerima Kalpataru (FOKKAL) di tingkat nasional,  mende­klarasikan 7 butir komitmen, antara lain  mendorong seluruh komponen bangsa menempatkan lingkungan sebagai isu sentral dalam menghadapi tantangan global, serta peran/prestasi penerima Kalpataru dapat menjadi agenda pada forum UNFCCC di Bali, Desember 2007.

Dalam sambutannya, Deputi VI menekankan bahwa prestasi penerima Kalpataru tidak diragukan, bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang nyata, bukan wacana, untuk menjaga dan memulihkan kualitas lingkungan hidup, sehingga sangat tepat jika mereka diajak sebagai mitra kerja, apakah sebagai pendamping, nara sumber, penangkar tanaman dan satwa, atau pelatih penyuluh lingkungan yang baik. Karena itu, suatu kerugian bagi pengelolaan lingkungan hidup, jika mereka tidak dilibatkan atau dimanfaatkan secara optimal.***

Sumber:


Asdep 4/VI, Deputi VI
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jalan D.I. Panjaitan, Kebon Nanas,  Jakarta Timur 13410
Telp (021) 8520392; Faks. (021) 8580087
E-mail: kalpataru@yahoo.com