KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

perempuan1.jpgPada tanggal 7 desember 2006 BAPEDALDA Prov. NTT berinisiatif membentuk Forum Perempuan Peduli lingkungan hidup. Forum ini dipelopori oleh sekitar tigapuluh perempuan terdiri dari praktisi, LSM, pengajar, pemuka agama dan dokter.

Pada acara tersebut Sekretaris Daerah Prov. NTT yang diwakili oleh Ibu Partini Hardjokusumo, SH., Msi, sekaligus plh. Ketua BAPEDALDA Prov. NTT menyampaikan sambutannya mengenai perlunya keterlibatan kelompok perempuan dalam pengelolaan lingkungan hidup di NTT.  Pada kesempatan ini juaga Deputi MENLH bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat memberikan sambutan yang yang diwakili oleh Ibu Tetty Kandantje Pardede, mengenai apresiasi yang besar dari KNLH atas terbentuknya Forum Perempuan Peduli Lingkungan ini. Dengan terbentuknya Pengurus Forum ini diharapkan dapat menjawab tantangan pelestarian lingkungan yang sangat berpotensi untuk didukung kelompok perempuan.   

perempuan2.jpgPada acara ini Deklarasi Kepedulian Lingkungan dibacakan oleh Ir. R. Diana Likadja, MSc, dan ditandatangani oleh Ketua Forum,  Dra. Mien Patty-Mangoe yang menyatakan perlunya peningkatan kesadaran kritis dan pemahaman serta ketrampilan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Lembaga masyarakat independen ini juga merupakan pengembangan jaringan yang telah diinisiasi KNLH bersama-sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan serta Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB) di tingkat nasional.

Sebagai wadah tukar menukar informasi, pengalaman dan berperan dalam penyelesaian masalah lingkungan, FPPLH Prov. NTT diharapkan dapat memberi penyuluhan dampak pencemaran dan kerusakan yang berakibat kurang baik terhadap perempuan. Kelompok ini juga diharapkan dapat menjadi model yang memotivasi masyarakat menuju pola hidup dan perilaku cinta lingkungan. Pada kesempatan yang baik ini, panitia juga menyerahkan bantuan anakan atau bibit pohon mahoni kepada para peserta pertemuan.

Untuk detail informasi lebih lanjut:
Asdep urs. Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Tel: 021-85904919, fax:021-8580087
Email: sinta@menlh.go.id