KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kepedulian anggota DPRD se-DI Yogyakarta kepada meningkatnya degradasi lingkungan hidup mendorong terbentuknya KAUKUS LINGKUNGAN HIDUP pada tanggal 5 September 2005 di Hotel Jayakarta-Yogyakarta.

Deklarasi pembentukan kaukus tersebut dituangkan dalam “nota kesepakatan� yang ditandatangani oleh wakil-wakil anggota DPRD Provinsi Propinsi DIY, Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo, dan Kab. Gunungkidul.

Komitmen dari anggota DPRD se Daerah Yogyakarta itu merupakan titik awal untuk terus memperjuangkan kepentingan lingkungan dalam melaksanakan fungsinya pada aspek budgeting, controling, dan legislation.

Rangkaian kegiatan penandatanganan deklarasi diawali dengan acara pemaparan materi dari Kementerian Lingkungan Hidup, BPLHD Propinsi Yogyakarta, wakil perguruan tinggi dan tokoh masyarakat termasuk wakil anggorta DPRD.

Penandatanganan dihadiri langsung oleh Deputi VI MENLH bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Asdep 2/VI Bidang Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan, dan Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa.
Dalam sambutannya Deputi VI Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Drs. Sudariyono menyampaikan harapan bahwa kepedulian dan komitmen anggota Dewan pada pelestarian lingkungan hidup perlu diwujudkan melalui ruang diskusi yang intensif. Ruang diskusi ini diharapkan menjadi suatu forum tetap dan berkesinambungan dalam format Kaukus Lingkungan yang menghasilkan agenda kesepakatan bagi kepentingan lingkungan.
Tugas selanjutnya dari Anggota Dewan yang tergabung dalam Kaukus adalah memperjuangkan agenda tersebut dalam tawar menawar berbagai kepentingan bagi pembahasan kebijakan publik di DPRD.

Informasi selengkapnya:
Asdep Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Pada Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jl. DI. Panjaitan, Kebun Nanas
Jakarta 13410.
Tel/Fax: 021-8580087