KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jumat, 27 Agustus 2010 13:57 WIB
Denpasar (ANTARA News) – Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar Anak Agung Bagus Sudharsana berupa mewujudkan kota ini bersih dan bebas sampah plastik.

“Kami berupaya mewujudkan Denpasar bersih dan bebas sampah plastik dengan menggelar `Bali beach clean up`,” katanya di Denpasar, Jumat.

Di sela kegiatan itu, ia mengatakan, bersama pegawai Pemkot Denpasar dan warga masyarakat akan senantiasa menjaga kebersihan wilayahnya.

“Dalam gerakan kebersihan tersebut, pihaknya terutama memunggut sampah-sampah plastik atau anorganik,” katanya.

Dikatakannya, gerakan ini adalah tindak lanjut dari komitmen Wali Kota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra untuk mendukung sepenuhnya gerakan “Bali Beach Clean Up” yang diprakarsai oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Ia mengatakan, pelaksanaan “Bali Beach Clean Up” ini dilaksanakan mulai dari Pantai Padanggalak sampai Pantai Pengembak dan Pantai Serangan dengan panjang sekitar 14 kilometer.

Teknis dari pelaksanaan kegiatan tersebut, kata dia, para peserta yang meliputi unsur pelajar, masyarakat, pemerintah dan pelaku pariwisata cukup memungut sampah-sampah plastik yang kemudian dikumpulkan pada tempat yang telah disediakan.

“Sampah tersebut selanjutnya akan diambil atau diangkut oleh truk sampah yang disediakan oleh para pengusaha pengelola sampah plastik yang dibantu oleh Dinas Kebersihan Kota Denpasar,” katanya.

Disamping melaksanakan kebersihan di kawasan pantai itu, kata dia, juga dilakukan gerakan bersih lingkungan di masing-masing desa dan kelurahan di Kecamatan Denpasar Utara maupun Denpasar Barat yang di koordinasi camat setempat.

Selain itu, lanjut Sudharsana, gerakan kebersihan itu juga dilakukan di lingkungan pertokoan, swalayan, pasar dan kantor pemerintah.

“Kami harapkan gema gerakan ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat guna mewujudkan Denpasar bebas sampah plastik menuju `Bali Clean and Green` atau Bali bersih dan hijau,” katanya.
(T.ANT/P003)

Sumber:
Antaranews.com
Jumat, 27 Agustus 2010 13:57 WIB