KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menjadikan tahun 2005 sebagai tahun budaya, menjadikan budaya tradisional dapat menjadi salah satu media komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan lingkungan bagi masyarakat luas. Keminatan masyarakat yang masih tinggi pada budaya tradisional khas di daerah masing-masing diharapkan dapat menjadi saluran yang baik bagi pesan-pesan lingkungan di berbagai lapisan masyarakat.

Salah satu kegiatan yang merupakan kerjasama KLH dengan TVRI adalah acara Cempala yang ditayangkan di minggu terakhir setiap bulan. Materi acaranya diawali dengan pagelaran kesenian wayang dan dilanjutkan dengan talk show yang dipandu oleh Bapak Sudarko dan salah satu nara sumber adalah Menteri Negara Lingkungan Hidup.

Selain itu pagelaran kebudayaan khas daerah juga ikut diselenggarakan, salah satunya adalah Pagelaran Wayang Orang Sriwedari Solo. Kegiatan yang bertempat di gedung wayang orang Sriwedari pada tanggal 27 Agustus 2005, merupakan kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan KASSMAJI (Bekas SMA Siji Margoyudan, Solo) dan DIPARSENIBUD Kota Surakarta menampilkan lakon Sri Moho Punggung yang menceritakan tentang upaya penyelamatan alam.

Bertindak sebagai nara sumber adalah Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Sudariyono. Acara tersebut juga diliput oleh Jogja TV dan disiarkan secara langsung oleh RRI Surakarta. (Puyi).