KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

“Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) sudah terbentuk, dan dipimpin langsung oleh bapak presiden. “Inilah penegasan pertama Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar mengawali penjelasannya kepada wartawan di rumah dinas pejabat tinggi negara, kompleks Widya Chandra, jumat 11 Juni lalu. Landasan hukumnya adalah Peraturan Presiden (PP) Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2008, tanggal 4 Juli 2008.

Pembentukan DNPI, kata Menteri Rachmat, untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pengendalian perubahan iklim dan untuk memperkuat posisi Indonesia di forum internasional dalam pengendalian iklim. Sebagai ketua DNPI, Presiden dibantu dua Wakil Ketua yakni Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Sementara Ir. Rachmat Witoelar menjabat Ketua Harian. Ada 17 Menteri dan 1 Kepala Badan duduk sebagai anggota dewan ini.

Di dalam PP No. 46/2008 disebutkan bahwa tugas DNPI adalah : a. Merumuskan kebjiakan nasional, strategi, program dan kegiatan pengendalian perubahan iklim. b. mengkoordinasikan kegiatan dalam pelaksanaan tugas pengendalian perubahan iklim yang meliput kegiatan adaptasi, mitigasi, alih teknologi dan perdanaan. c. Merumuskan kebijakan pengaturan mekanisme dan tata cara perdaganagan karbon. d. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi implementasi kebijakan tentang pengendalian perubahan iklim. e. Memperkuat posisi Indonesia untuk mendorong negara-negara maju untuk lebih bertanggung jawab dalam pengendalian perubahan iklim.

Dalam melaksanakan tugas tersebut DNPI dibantu oleh kelompok-kelompok kerja yakni : a. Kelompok Kerja Adaptasi. b. Kelompok Kerja Mitigasi. c. Kelompok Kerja Alih Teknologi. d. Kelompok Kerja Pendanaan. e. Kelompok Kerja Post Kyoto 2012. f. Kelompok Kerja Kehutanan dan Alih Guna Lahan.

Ketua Harian juga dapat membentukkelompok kerja yang lain disamping kelompok kerja yang telah ditetapkan tadi. Sementara untuk menopang kerja dewan, Ketua Harian membentuk Sekretariat yang organisasi dan tata kerjanya dutetapkan oleh Ketua Harian.

 

Susunan Dewan Nasional Perubahan Iklim

a.       Ketua : Presiden RI

b.       Wakil Ketua: 1. Menko Kesra, 2. Menko Perekonomian

c.       Ketua Harian/Anggota : Ir. Rachmat Witoelar

d.       Anggota-anggota :

1.       Menteri Sekretaris Negara

2.       Sekretaris Kabinet

3.       Menteri Negara Lingkungan Hidup

4.       Menteri Keuangan

5.       Menteri Dalam Negeri

6.       Menteri Luar Negeri

7.       Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

8.       Menteri Kehutanan

9.       Menteri Pertanian

10.   Menteri Perindustrian

11.   Menteri Pekerjaan Umum

12.  Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas

13.   Menteri Kelautan dan Perikanan

14.   Menteri Perdaganagn

15.   Menteri Negara Riset dan Teknologi

16.   Menteri Perhubungan

17.   Menteri Kesehatan

18.   Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika

 

Tanggapan Beragam

Lahirnya DNPI dengan komposisi keanggotaan seperti tadi mendapat respon beragam dari beberapa kalangan. Mantan Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Chalid Muhammad menilai keberadaan dewan hanya akan memperpanjang birokrasi untuk kebijakan terkait perubahan iklim. “Ini artinya pindah rapat cabinet ditambah BMG saja