KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada hari Sabtu, 24 Januari 2004, Sekitar 6.700 batang pohon jati, dan petai ditanam secara bersama-sama pada lahan kritis seluas 20 hektar oleh lebih dari 250 siswa SD dan 125 anggota masyarakat di Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Turut membantu penanaman pohon tersebut tidak kurang dari 100 orang dari Kelompok Penghijau Gunung Lawu dan 95 orang Penyuluh Pertanian dan Kehutanan.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara OISCA (Organization for Industrial Spiritual and Culture Advancement) dan Jejaring Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

Ir. Arie DD. Djoekardi, Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa di masa depan gerakan penanaman pohon perlu melibatkan anak-anak sekolah. Yang lebih penting bukan menanamnya, tetapi keterlibatan emosional mereka dalam melestarikan lingkungan hidup. Dengan demikian maka anak-anak akan merasa bangga dan nantinya mereka akan “berteriak” bila ada penebangan pohon, karena mereka merasa yang menanam pohon itu.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog yang mempertemukan petani, pengusaha, kader lingkungan, dan masyarakat, dengan tujuan untuk membangun kesepahaman dan kerja sama yang saling menguntungkan baik secara ekologis maupun ekonomis. Misalnya terbukanya kesempatan “berbisnis” antara petani empon-empon dengan perusahaan jamu PT. Nyonya Meneer Semarang, dan komitmen Dinas Pertanian dan Kehutanan untuk memberikan bibit pohon secara gratis pada tahun 2004 kepada 20 SD di Karanganyar, apapun jenisnya dan jumlah yang diminta asal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karanganyar, Rina Iriani, Spd., Shum juga memberikan penghargaan kepada Juara Lomba Poster siswa TK dan SD, masing-masing sebesar 200 ribu, 150 ribu, dan 100 ribu kepada juara I, II dan III.

Informasi Lebih Lanjut:
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perdesaan, Tradisional dan Adat
Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup
E-mail : kalpataru@menlh.go.id
Telp : (021) 8520392