KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pusdiklat LH, pada tanggal 17 sampai dengan 21 Nopember 2008 menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Alternatif Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup (APS).

Tujuan diklat ini untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan keterampilan kepada peserta diklat tentang dasar hukum, tatacara serta mampu melakukan serta memfasilitasi penyelenggaraan praktek alternatif Penyelesaian Sengketa Lingkungan kepada pihak-pihak yang bersengketa lingkungan di Propinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, dengan membuka pelayanan Pos-Pos Pengaduan dan pelayanan Sengketa Lingkungan hidup di daerah (Pos P3SLH) yang telah dibentuk oleh daerah dan mendorong daerah yang belum mebuka pos, untuk membuka pos pengaduan, dalam rangka mewujudkan sistem kepemerintahan yang baik (good governance), serta memberikan kesempatan kepada Masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan kesadaran dan sensitivitas dalam memonitor kualitas lingkungan (portofolio).

Diklat ini diikuti 33 (tigapuluh tiga) orang peserta yang terdiri dari 12 orang dari daerah propinsi, 8 orang dari Kabupaten, 4 orang dari Kota dan sisasnya dari PPLH Regional seluruh Indonesia, dengan materi / kurikulum yang akan disampaikan sebanyak 40 JP. Pengajar terdiri dari para pejabat struktural dan widyaiswara KNLH. Standar Kompetensi yang diharapkan agar para peserta setelah mengikuti diklat dapat memahami dasar hukum, teknik dan tatacara alternatif penyelesaian sengketa lingkungan hidup.

Dengan demikian diharapkan pemerintah dapat memfasilitasi dan membantu para pihak yang bersangkutan dalam menyelesaikan sengketa lingkungan yang dihadapi.

Sumber:
PUSDIKLAT LINGKUNGAN HIDUP KNLH
Kantor: Pusarpedal Komplek Puspitek
Jl. Raya Serpong, Tangerang
Telp/Fax: 75872028