KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kegiatan pelatihan ini dilakukan KLH untuk Calon Anggota Legislatif Tahun 2004 sebagai target utama di bidang pengelolaan lingkungan. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 8 Desember – 10 Desember 2003 ini sangat diharapkan dapat mendorong iklim kampanye PARPOL yang menempatkan isu pelestarian fungsi lingkungan hidup sebagai kebutuhan untuk meyakinkan para pemilihnya.

Jumlah peserta yang hadir adalah 72 orang caleg dan anggota Litbang dari Golkar, PPP, PDI Perjuangan, PKB, PAN dan PKS.

Para narasumber yang hadir pada hari ini adalah Prof. Dr. Emil Salim, Ir. Sarwono Kusumaatmadja, dan Ir. Bakti Setiawan, MA, PhD. Rencananya, narasumber pada tanggal 9 dan 10 Desember adalah Dr. A. Sonny Keraf, Masnellyarti Hilman, Prof. Dr. Koesnadi Hardjasoemantri, SH, dan Prof. Dr. Sukanto Reksohadiprojo.

Penyelenggara kegiatan ini adalah Kementerian Negara Lingkungan Hidup (Cq Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Pengelolaan Lingkungan Hidup) bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM). Dasar pemikiran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah hasil Konferensi Tingkat Tinggi Pembangunan Berkelanjutan (WSSD/World Summit on Sustainable Development) di Johannesburg pada tahun 2002 yang mengagendakan 3 (tiga) hal utama, yaitu : (1) pemberantasan kemiskinan, (2) perubahan pola konsumsi dan produksi, (3) serta perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Semua hal tersebut diatas akan dapat terlaksana bila ada “good environmental governance” atau pemerintahan yang punya komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan, transparan, sekaligus mampu menegakkan hukum dan bersifat demokratis, dengan melibatkan secara aktif rakyat dalam proses-proses pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, diharapkan ada garansi visi dan misi pro lingkungan hidup dari siapapun pemenang pemilu.

Sebagai rangkuman, Diklat ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan kinerja para (Bakal Calon) Anggota Legislatif Pusat dan Daerah di bidang pengelolaan lingkungan hidup, 2) terkondisinya partai politik untuk memasukan visi lingkungan ke dalam platform partainya, 3) menjadikan isu lingkungan hidup sebagai bagian dalam kampanye untuk Pemilu 2004, dan 4) terbangunnya suatu imej di ruang publik, bahwa partai politik dan Anggota Legislatif yang dipilih dalam PEMILU adalah partai dan atau anggota yang memiliki visi lingkungan hidup.

Informasi lebih lanjut:
Asdep Urusan Sarana dan PSDM (ibu Rismawarni).
Telp. 021-7560065
atau
Asdep Urusan Antar Lembaga Masyarakat (bapak Zoel Fachri)
Telp. 021-85904919