KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 24 November 2008 Pusdiklat Kementerian Negara Lingkungan Hidup menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penegakan Hukum Lingkungan, bertempat di Kantor PUSDIKLAT KNLH Kawasan Serpong – Tangerang.

Diklat sejenis ini sudah dilaksanakan sebanyak 8 (delapan) angkatan yang dimulai dari tahun 2000 sampai sekarang dengan jumlah Peserta keseluruhan kurang lebih 420 orang.

Diklat Penegakan Hukum Lingkungan diadakan untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi bagi Aparat Penegak Hukum dan menangani kasus-kasus lingkungan yang semakin meningkat dan kompleks, khususnya masalah pencemaran dan perusakan lingkungan. Hal ini dilakukan mengingat kurangnya kapasitas pengawasan dan penyidikan serta kelembagaan dan perangkat penegakan hukum lingkungan di daerah dan masih rendahnya sanksi terhadap pelaku pelanggaran  lingkungan sehingga menyebabkan kasus-kasus LH kurang terselesaikan.

Materi/kurikulum yang disampaikan sebanyak 40 (empat puluh) jam pelajaran dengan Pengajar dan Instruktur berasal dari Asdep. Penegakan Hukum Lingkungan, Akademisi dan Praktisi Hukum. Salah satu metode yang dimunculkan dalam proses pembelajaran adalah bedah kasus dan masing-masing peserta berperan sesuai dengan bidang dan tugasnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini bagi Aparat Penegakan Hukum diharapkan mempunyai komitmen untuk menyelesaikan kasus-kasus lingkungan secara tegas dan benar.

Diklat yang diselenggarakan tanggal 24 s/d 28 November 2008 diikuti oleh peserta dari 4 (empat) Instansi yaitu: Bapedalda/Dinas LH sebanyak 10 (sepuluh) orang, Kejaksaan sebanyak 17 (tujuh belas) orang, kehakiman/Pengadilan sebanyak 12 (dua belas) orang dan Kepolisian sebanyak 14 (empat belas) orang yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. (YL)

 

Infor selanjutnya :
Pusdiklat KNLH
Telp/Fax (021) 75872034, 7561644