KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada hari Senin, 20 Oktober 2008 Pusat Pendidikan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Negara Lingkungan Hidup mengadakan Diklat Pengawas Lingkungan Hidup dalam Kegiatan Pertambangan. Tujuan dari diklat tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagi peserta dalam melakukan kegiatan pengawasan akibat kegiatan pertambangan.

Sasaran yang ingin dicapai adalah terbentuknya sumberdaya manusia yang kompeten di bidang pertambangan melalui program pendidikan dan pelatihan pertambangan yang terutama untuk meningkatkan kemampuan dalam menentukan criteria kerusakan di daerah pertambangan, mekanisme pengelolaan air asam tambang serta reklamasi kawasan pertambangan. Untuk itu materi yang diberikan antara lain : (a) Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Kegiatan Pertambangan; (b) Tata Cara Pengawasan Kegiatan Pertambangan; (c) Minimalisasi Limbah B3 dan Limbah Padat Lainnya Kegiatan Pertambangan; (d) Rehabilitasi Kerusakan Lahan Akibat Kegiatana Pertambangan.

Diklat diikuti sebanyak 44 orang berasal dari Bapedalda Kabupaten/Kota, Bapedalda Propinsi dan Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Sumapapua. Adapun sebagai nara sumber berasal dari Institut Pertanian Bogor, Departen Pertambangan dan Widyaiswara Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta diklat maka diadakan kunjungan lapangan ke Pongkor, Jawa Barat. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat menunjukkan prestasi kerja yang tinggi sebagai Pengawas LH di bidang Pertambangan sehingga kerusakan maupun pencemaran lingkungan akibat kegiatan pertambangan dapat diminimalisasi. (MR)

Informasi lebih lanjut hubungi :
Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat), KLH
Restu Yuliani
Tlp/Fax : (021) 7560065