KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PRESS RELEASE PUSDIKLAT Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Serpong Selasa, 4 April 2006. Sebagaimana kita ketahui, bahwa permasalahan lingkungan hidup semakin hari kian meningkat dan sangat kompleks namun penanggulangan permasalahan lingkungan demikian lambat, sedangkan degradasi lingkungan sudah sedemikian cepat ibaratnya deret ukur.

Berbagai kasus pencemaran Dan kerusakan lingkungan semakin tidak terselesaikan. Seperti : kebakaran hutan, pencemaran air laut, air sungai, illegal loging, illegal mining, kegiatan yang diakibatkan dari pembuangan limbah industri maupun kegiatan masyarakat lainnya. Semua ini menjadi tugas dan kewajiban kita bersama untuk menanggulanginya.

Untuk itu, Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah berupaya mengantisipasi masalah lingkungan hidup melalui berbagai kebijakan, peraturan perundangan di bidang pengelolaan lingkungan hidup, Program Proper, Superkasih, Langit Biru, Pantai Lestari, dan juga berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi Aparatur Pemerintah Pengelola Lingkungan Hidup di pusat maupun daerah melalui Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang bekerjasama dengan POLRi di Pusdiklat Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Serpong.

Kegiatan Diklat bagi PPNS telah dilakukan sejak tahun 1998 yang sampai saat ini berjumlah 234 orang yang bertujuan membantu Aparat Penegakan Hukum dalam penyidikan kasus – kasus yang berkenaan dengan lingkungan hidup.

Jumlah PPNS tersebut belum memadai dibandingkan dengan luasnya wilayah negara kesatuan RI dan banyaknya kasus lingkungan hidup yang terjadi. Mengingat keterbatasan anggaran pemerintah yang tersedia. Untuk tahun ini Pusdiklat Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan POLRI akan mendidik PPNS Reguler Bidang Lingkungan Hidup sebanyak 120 (seratus dua puluh) yang dilaksanakan dalam dua angkatan (masing-masing angkatan 60 orang).

Diklat PPNS Eksekutif atau pola 100 JP yang dilaksanakan saat ini berlangsung dari tanggal 4 sampai dengan 18 Maret 2006, diperuntukkan bagi atasan pejabat PPNS yang diikuti oleh 62 (enam puluh dua) orang peserta, teridiri dari; Bapedalda Propinsi (9 orang); Bapedalda Kabupaten (28 orang); Bapedalda Kota (13 orang); Kementerian L.H.(7 orang); dan PPLH Regional (5 orang).

Disamping itu juga dilaksanakan Diklat Pengelolaan Air Limbah Industri bagi para aparatur pemerintah pengelola lingkungan hidup di pusat dan daerah, yang diikuti oleh 38 (tiga puluh delapan) orang peserta.

Diklat ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam pengelolaan air limbah industri sebagai bekal secara teknis bagi peserta agar mampu melaksanakan tugas di bidang pengelolaan lingkungan hidup khususnya pengelolaan air limbah industri untuk meminimasi pencemaran lingkungan dari sektor industri

Informasi lebih lanjut:

Kepala Pusat Pendidikan
dan pelatihan KLH
Telp: (021) 7560065
Fax: (021) 7561641