KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 19 Januari 2005 bertempat di Gedung C Kementerian Lingkungan Hidup diselenggarakan Diskusi Terbatas mengenai Penerapan Sustainability Reporting di Indonesia. Acara ini dibuka oleh Deputi Menteri Bidang Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan Hidup, Hoetomo MPA, yang dihadiri oleh 40 peserta dari perusahaan dan asosiasi dari sektor manufaktur, pertanian dan perkebunan serta pertambangan.

Diskusi ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari penerbitan pedoman An Introduction to Sustainability Reporting for Organisations in Indonesia yang disusun oleh KLH dengan bantuan dari ACCA (Association of Chartered Certified Accountants) London pada 7 September 2004. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendorong dunia usaha untuk mengungkapkan dan mengkomunikasikan aspek lingkungan yang terkait dengan usahanya sebagai bagian dari non financial reporting yang tidak terpisahkan dari penerapan triple bottom line (aspek ekonomi, sosial dan lingkungan). Hal ini sesuai dengan tuntutan stakeholders agar korporasi lebih transparan dan accountable dalam menerapkan CSR (Corporate Social Responsibility).

Diskusi ini disajikan dalam dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Deputi I KLH yang membahas kebijakan KLH dan kegiatan yang telah dilakukan yang berkaitan dengan Sustainability Reporting, Tetsuro Fujitsuka dari JICA menyampaikan pengalaman Jepang dalam menerapkan Sustainability Reporting serta Ali Darwin, Ketua Kompartemen Manajemen Akuntansi – Ikatan Akuntan Indonesia membahas keterkaitan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 Alinea 9 dengan Sustainability Reporting. Sesi pertama ditutup oleh Akhmad Fauzi dari IPB yang membahas pengertian valuasi ekonomi serta contoh valuasi ekonomi di sektor pertambangan.

Pada sesi ke dua diskusi ini membahas berbagai pengalaman perusahaan yang telah menyusun Sustainability Reporting. Pemaparan dilakukan oleh PT. Aneka Tambang Tbk.(www.antam.co.id), Astra International Tbk (www.astra.co.id), dan PT.Panasonic Manufacturing Indonesia (www.panasonic.co.id). Ketiga perusahaan tersebut menyampaikan manfaat, kendala dan data yang perlu disiapkan dalam penyusunan Sustainablility Reporting serta rencana ke depan dalam memperbaiki pengungkapan informasi lingkungan.

Sebagai kegiatan lanjutan KLH bekerja sama dengan JICA Indonesia akan menyelenggarakan JICA-Net Videoconference Seminar for Environmental Report pada tanggal 2 Februari 2005.

Informasi lebih lanjut hubungi :


Asisten Deputi Urusan Pengembangan

Kapasitas Kelembagaan Penunjang Lingkungan – KLH

Telp/Fax : (021) – 8517161

Telp. : (021) – 8517148 ext 223